Waspadai Potensi Ponsel Kena Hack, Ini yang Bisa Dilakukan

JS NEWS – Seorang netizen curhat ponselnya kena hack dan disadap orang. Mewaspadai hal serupa, ada hal-hal yang bisa kamu lakukan agar tidak menjadi korban kasus seperti itu.

Saran tersebut diberikan oleh Pengamat Sekuriti dan Aplikasi Finansial Vaksincom Alfons Tanujaya saat detikINET meminta sejumlah saran terkait. Yang pertama adalah bagaimana yang harus dilakukan ketika pengguna tak sengaja mengakses sebuah link mencurigakan.

BACA JUGA : Bobol Keamanan Microsoft Outlook, Hacker Akses Data E-mail Pengguna

Seperti dikisahkan sebelumnya, ada netizen yang merasa ponselnya sudah kena sadap akibat dirinya mengakses sebuah link. Untuk itu, Alfons mengatakan pengguna harus mengenali dulu apa yang diaktifkan oleh link atau aplikasi “jahat” yang mungkin terunduh.

“Misalnya menginstal apps dan meminta akses, yah harus di uninstall apps-nya dan akses ditutup lagi. Biasanya akan jelas sekali kok ada permintaan akses dan instalasi apps,” jelas Alfons.

Alfons menuturkan bahwa pada dasarnya tempat mencari aplikasi resmi seperti Google Play-nya Android dan App Store milik Apple buat para pengguna iPhone juga punya “pengaman” tersendiri buat pengguna, paling tidak dalam bentuk informasi dan peringatan.

“Yang menjadi masalah adalah dialog box peringatan itu yang sering diabaikan dan orang cenderung mudah klik [Yes], [Next], [I Agree], [Finish], tanpa membaca atau mengerti dialog yang muncul,” sambungnya.

Sehubungan dengan itu, tentu kamu tak boleh lagi abai dengan informasi-informasi semacam itu demi menghindari potensi ponsel kena hack. Masih terkait hal tersebut, kamu juga bisa mengecek hak akses apa saja yang didapat sebuah aplikasi — semisal akses ke kamera, nomor kontak, dan lain-lain. Dari sini kamu bisa saja mengendus jika ada aplikasi “jahat” yang sedang menyadap ponsel.

“Kalau di Play Store, [Settings][Apps] lalu klik apps-nya akan terlihat permissionnya,” pungkas Alfons.

SUMBER



Share Is Cool