Unified Threat Management Sebagai Solusi Keamanan Jaringan Komputer?

JS NEWS – Selama ini, implementasi keamanan TI direncanakan dan dibangun berasal dari lebih dari satu solusi untuk menangani setiap proses yang berbeda. Solusi yang berbeda berarti produk yang berbeda pula, serta seringkali berasal dari vendor yang berbeda pula.

Solusi yang bermacam ragam ini kemudian difungsikan secara independen satu dengan lainnya untuk mencukupi fungsi keamanan yang berbeda-beda yang dibutuhkan oleh suatu organisasi. Di mana didalam bangunan proses keamanan infrastruktur teknologi tsb termasuk : perangkat firewall, pemindai anti-malware, dan deteksi intrusi jaringan dan proses pencegahannya.

BACA JUGA : Indonesia Kini Punya Kapal Pemeliharaan Jaringan Internet Bawah Laut

Solusi berikut dapat mengimbuhkan perlindungan keamanan yang lebih baik tetapi tantangannya adalah berasal dari segi manajemen pelaksanaannya. Implementasi dan integrasinya yang amat besar dan kompleks menjadi amat susah untuk staff TI yang tak terlatih terutama berasal dari perusahaan usaha UKM. Nah, solusi UTM dapat merampungkan seluruh kasus itu dan mengimbuhkan keamanan komprehensif yang lebih gampang dikelola dan lebih murah. Ini bisa saja bukan solusi yang terbaik, tetapi cukup bagus tidak cuma untuk UKM tetapi termasuk Enterprise.

Perangkat Unified Threat Management (UTM) atau manajemen ancaman terpadu, atau disebut sebagai perangkat keamanan UTM, dapat mengimbuhkan solusi keamanan yang komprehensif dan gampang dikelola untuk organisasi kecil dan menengah bersama dengan biaya yang masuk akal.

Apa itu UTM Appliance?

UTM Appliances adalah perangkat hardware yang digunakan untuk membangun perimeter keamanan terhadap jaringan komputer suatu organisasi atau perusahaan. Berfungsi sebagai gateway atau pintu masuk ke dalam jaringan komputer perusahaan, memfasilitasi seluruh layanan keamanan yang dibutuhkan untuk memelihara jaringan berasal dari malware, virus, intrusi berasal dari pihak tidak bertanggungjawab, dan risiko keamanan lainnya.

Fitur Keamanan UTM

Pada dasarnya perangkat UTM adalah perangkat firewall yang berfungsi untuk halangi akses ke didalam proses jaringan komputer. Fungsi keamanan lainnya berwujud optional yang dapat digunakan sekiranya diperlukan. Secara umum fungsi keamanan yang ditawarkan oleh UTM ada 3 yang utama, sebagai berikut :

  1. Akses remote dan site-to-site bersama dengan VPN.
  2. Secure web site gateway (anti malware dan URL content filter.
  3. Intrusion prevention system dan blocking terhadap serangan yang mengusahakan menyerang PC dan server.

Beberapa UTM lainnya miliki fitur tambahan yang sifatnya opsional dan membedakannya bersama dengan produk UTM lainnya sebagai suatu keunggulan produk, adalah sebagai berikut :

  • Kontrol applikasi.
  • Web application firewalling.
  • bandwitdh management.
  • data loss prevention.
  • identity based access control
  • load balancing
  • DDoS protection
  • Wireless access management
  • email security.

Tapi biasanya fitur opsional ini tidak amat dibutuhkan di lebih dari satu organisasi atau perusahaan. Jika perusahaan Anda perusahaan kecil atau UKM bisa saja besar Anda nggak butuh fitur load balancing atau web site application firewalling. Lagi pula untuk perusahaan kecil e-mail lebih sering mengfungsikan berbasis layanan cloud seperti gmail atau online exchange.

Benefit UTM

Berikut ini benefit berasal dari mengfungsikan produk UTM :

  1. Sedikit sumberdaya yang dibutuhkan. Menjalankan UTM cuma membutuhkan sedikit staff TI dan itu cuman cuma laksanakan maintenance, update, upgrade, dan monitoring saja. Log keamanan termasuk tetap ada untuk di cek dan dianalisis.
  2. Ruang lingkup keamanan yang lebih baik. UTM semestinya tidak menyisakan lubang keamanan gara-gara seluruh komponennya di desain untuk bekerja secara bersama-sama.
  3. Skalabilitas. Perangkat UTM adalah perangkat single, gampang di ubah bersama dengan box yang lebih besar sekiranya perusahaan bertumbuh.
  4. Garansi kompabitilitas. UTM adalah perangkat keamanan terpadu. Seluruh upgrade atau update sudah tentu sudah di test sebelumnya untuk meyakinkan bahwa semuanya tetap akan terjadi bersama dengan baik.
  5. Seluruh komponennya tentu dijamin akan berfungsi secara bersamaan. Manajemen dan konfigurasi komponen keamanan secara tersentral. UTM mengimbuhkan interface untuk manajemen dan konfigurasi, yang amat menghemat sementara dan kurangi sementara training staff IT. Manajemen terpusat meyakinkan seluruh fungsi miliki kesamaan policy dan kurangi adanya miskonfigurasi.
  6. Biaya yang lebih rendah. Sudah tentu UTM mengimbuhkan keunggulan berasal dari segi biaya. Dibandingkan mengimplementasikan proses keamanan terpisah yang membutuhkan banyak dana dan waktu.
  7. Keamanan cadangan. Bila yang dibangun adalah proses keamanan berlapis bersama dengan bervariasi teknologi, maka UTM dapat berfungsi cuma sebagai firewall saja. Tapi sekiranya proses keamanan tsb gagal, maka fungsinya dapat diambil alih alih oleh UTM untuk sementara sebagai stop-gap.

Mendapatkan Solusi UTM Bagi Keamanan Jaringan Komputer

Salah satu sistem integrator yang menyediakan jasa layanan solusi keamanan TI berbasis UTM adalah PT. NetSolution. Banyak pertimbangan dalam mengimplementasikan solusi keamanan IT berbasis UTM. Baik berasal dari segi pertimbangan ukuran organisasi, jumlah karyawan, kompleksitas layanan IT, dan tentu di atas seluruh nya adalah budget yang Anda miliki.

NetSolution memiliki kemampuan mengimplementasikan keamanan jaringan komputer dengan beragam jenis UTM tanpa tergantung satu merk atau prinsipal tertentu. Selain itu NetSolution juga memiliki perangkat UTM sendiri dengan platform keamanan dari salah satu produsen anti virus ternama di dunia.

SUMBER

Share Is Cool