Tutorial Cara Mudah Ubah File Word ke PDF dan Sebaliknya di HP

JS NEWS – Suatu saat kalian pernah menemukan dokumen namun harus mengubah file Word ke PDF dan sebaliknya terlebih dulu di handphone (HP)? Bagaimana cara mudahnya sih?

Kadang ketika sedang menyelesaikan urusan pekerjaan atau sekolah, kalian diharuskan untuk mengubah dokumen dengan format PDF ke format lainnya, seperti DOCX yang digunakan Microsoft Word. Jika menggunakan PC atau komputer, tentu mudah saja untuk kalian melakukan konversi ini.

Baca Juga : Kenali Lebih Dekat USB Debugging dan Cara Kerjanya di Android

Tapi, apa kalian tahu kalau mengubah itu bisa menggunakan smartphone,tutorial kali ini akan memberikan cara mudah untuk mengubah file PDF menjadi Word dan sebaliknya menggunakan aplikasi dan situs web.

Lewat Aplikasi

1. Download aplikasi Fast PDF Converter and PDF Reader di Google Play Store. Aplikasi yang sama juga tersedia di Apple App Store dengan nama PDF Converter dan PDF Reader. Kedua aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis.

2. Buka aplikasi tersebut, di halaman utamanya kalian melihat sejumlah opsi seperti untuk membaca, mengedit, menggabungkan, dan konversi.

3. Untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF scroll ke bawah dan pilih opsi “Word to PDF”.

4. Setelah memberi izin kepada aplikasi untuk mengakses foto, media dan file di smartphone, pilih menu “Select Doc” dan pilih dokumen yang ingin kalian ubah.

5. Setelahnya tunggu hingga selesai. Ukuran file bisa mempengaruhi kecepatan konversi, jadi semakin besar ukuran filenya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diproses.

6. Setelah selesai file Word kalian telah berubah menjadi PDF. Kalian kemudian akan diminta untuk mengunduh dokumen yang telah diubah.

Cara Mudah Ubah File Word ke PDF dan Sebaliknya di HP Foto: Screenshot

Nah, cara di atas adalah untuk mengubah file Word menjadi file PDF. Untuk sebaliknya, caranya juga sama mudahnya.

Bedanya, setelah membuka aplikasi pilih opsi “PDF to Word”. Setelah itu, prosesnya sama saja dengan cara mengubah dokumen Word menjadi PDF. Perlu diingat bahwa smartphone kalian harus terus online agar aplikasi ini bisa bekerja.

Baca juga:  Cara mengkonfigurasi plugin WP Events Manager

Lewat Web

Kalau kalian menggunakan smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup kecil, cara ini bisa digunakan karena kalian tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tambahan.

Caranya juga sama mudahnya. Kalian bisa kunjungi www.smallpdf.com. Sama seperti aplikasi di atas, kalian juga akan dihadapi dengan banyak opsi.

1. Untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF, scroll hingga kalian menemukan opsi “Word to PDF” yang berwarna biru muda. Untuk mengubah dokumen PDF menjadi Word, kalian bisa mengklik opsi “PDF to Word” yang ada di bawahnya.

2. Kemudian klik Choose File untuk memilih dokumen mana yang ingin kalian ubah. Selain mengambil dokumen offline yang ada di smartphone kalian, ada juga opsi untuk mengambil dokumen dari Dropbox dan Google Drive.

3. Setelah memilih dokumen yang ingin diubah, kalian hanya perlu menunggu hingga dokumen tersebut selesai diproses.

4. Setelah selesai diproses, kalian bisa mengunduh dokumen PDF atau Word tersebut ke smartphone atau mengunggahnya ke Dropbox atau Google Drive.

SUMBER

Share Is Cool