Tutorial Cara Memasang LibreOffice 6.0 di Ubuntu atau Linux Mint

JS NEWS – LibreOffice 6.0 adalah pembaruan paling signifikan yang pernah ada untuk suite kantor open-source yang digunakan oleh jutaan pengguna komputer di seluruh dunia, dan mudah untuk menginstal pada sistem operasi Ubuntu dan Linux Mint yang populer.

Sementara pengguna dari berbagai distribusi GNU / Linux bergulir, seperti Arch Linux, OpenSuSE atau Solus, sudah dapat menginstal LibreOffice 6.0 office suite utama langsung dari repositori perangkat lunak resmi distro mereka, itu bukan kasus untuk Ubuntu atau Linux Mint, karena pengguna harus bergantung pada repositori pihak ketiga atau paket resmi.

Untungnya, Yayasan Dokumen menyediakan paket Debian / Ubuntu untuk semua rilis LibreOffice, jadi cukup mudah untuk menginstal versi terbaru di komputer Linux Anda jika Anda menggunakan distro berbasis Debian seperti Ubuntu atau Linux Mint. Mereka juga menyediakan PPA (Arsip Paket Pribadi) yang dikelola secara teratur, yang membuat pemasangan menjadi mudah bagi pendatang baru.

Baca Juga : Download MorpheusArch Linux

Berikut cara memasang LibreOffice 6.0 di Ubuntu atau Linux Mint
Dalam tutorial ini, kita akan membahas kedua metode yang ditampilkan di atas. Mari kita mulai dengan yang pertama, yang melibatkan pengunduhan paket biner untuk Ubuntu atau Linux Mint versi 32-bit atau 64-bit. Keuntungan dari metode ini adalah tidak masalah apa versi Ubuntu / Linux Mint yang Anda gunakan, tetapi Anda tidak akan menerima pembaruan apa pun kecuali Anda menginstalnya secara manual juga.

Hal pertama yang pertama, Anda ingin menghapus instalasi LibreOffice sebelumnya dari sistem operasi Anda, jadi jalankan perintah pertama di bawah ini di aplikasi Terminal. Setelah itu, Anda harus memilih salah satu dari dua set perintah berikutnya, untuk sistem 32-bit atau 64-bit, untuk mengunduh dan menginstal versi LibreOffice 6.0 terbaru


sudo apt-get remove libreoffice*For 64-bit Ubuntu/Linux systems:
wget http://download.documentfoundation.org/libreoffice/stable/6.0.1/deb/x86_64/LibreOffice_6.0.1_Linux_x86-64_deb.tar.gz
tar xvf LibreOffice_6.0.1_Linux_x86-64_deb.tar.gz
sudo dpkg -i DEBS/*.debFor 32-bit Ubuntu/Linux Mint systems:
wget http://download.documentfoundation.org/libreoffice/stable/6.0.1/deb/x86/LibreOffice_6.0.1_Linux_x86_deb.tar.gz
tar xvf LibreOffice_6.0.1_Linux_x86_deb.tar.gz
sudo dpkg -i DEBS/*.deb

Instal LibreOffice 6.0 menggunakan PPA
Metode kedua lebih mudah dan tidak mengharuskan Anda untuk menghapus instalasi LibreOffice sebelumnya dari sistem Ubuntu atau Linux Mint Anda. Keuntungan dari metode ini adalah Anda akan selalu menerima pembaruan LibreOffice baru saat dirilis di hulu, tetapi itu akan memakan waktu beberapa hari. Sistem yang didukung termasuk Ubuntu 14.04 LTS, 16.04 LTS, 17.10, dan 18.04 LTS.

Yang harus Anda lakukan adalah menginstal LibreOffice Fresh PPA resmi pada komputer Ubuntu atau Linux Mint Anda. Setelah itu, Anda harus memperbarui sistem Anda dan menginstal versi LibreOffice baru. Cukup jalankan tiga perintah berikut di bawah ini di aplikasi Terminal untuk mencapainya, dan jangan lupa untuk selalu memperbarui instalasi Anda. Itu saja, bersenang-senang menggunakan LibreOffice 6.0!

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
sudo apt-get update && sudo apt-get -y dist-upgrade
sudo apt-get install libreoffice

SUMBER

Share Is Cool