TrendForce: Pengapalan Monitor Mengalami Pertumbuhan Tinggi Tahun Lalu

JS NEWS – pengapalan monitor secara global mengalami pertumbuhan yang tinggi tahun lalu, tertinggi dalam sekitar sepuluh tahun terakhir. Penyebabnya tentu saja adalah pandemi COVID-19 yang menyebabkan banyak orang di dunia yang bekerja dan belajar dari rumah; mereka butuh perangkat untuk bekerja maupun belajar dari rumah, termasuk monitor untuk displainya.

Adapun jumlah monitor yang dikapalkan di dunia pada tahun 2020 itu mencapai 140 juta unit. Sementara, untuk pengapalan monitor secara global pada tahun ini, TrendForce memprediksikan akan mengalami pertumbuhan sekitar 7,3% dibandingkan tahun lalu.

Namun, studi TrendForce juga menemukan bahwa suplai dari panel dan komponen kunci lainnya dari monitor belum bisa memenuhi permintaan sejak beberapa lama. Alhasil, menghambat pertumbuhan pengapalan monitor di dunia, khususnya pada semester pertama 2021 ini. Padahal, pada kuartal pertama 2021, TrendForce menyebutkan pertumbuhan pengapalan monitor secara global bertumbuh 34,1% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2020.

Baca Juga : One Xplayer Ibarat Nintendo Switch dengan Jeroan ala Laptop

Adapun produsen monitor yang termasuk dalam sepuluh besar di dunia yang diprediksikan TrendForce akan mengalami pertumbuhan tertinggi pada 2021 adalah Samsung dan ASUS. TrendForce memprediksikan pengapalan monitor Samsung di dunia pada tahun ini akan bertumbuh sekitar 20% dibandingkan tahun lalu dan merupakan yang tertinggi. Sementara, ASUS, TrendForce memperkirakan pengapalan monitornya secara global pada tahun 2021 akan bertumbuh lebih dari 10% dibadingkan tahun 2020.

SUMBER

Share Is Cool