Tren Lomba Lari Virtual dan Peran Gadget dalam Memopulerkannya

Pandemi bukan berarti kita harus berhenti beraktivitas, dan itu dapat dimudahkan dengan bantuan teknologi

JS NEWS – Berdasarkan data dari AyoLari.in, tercatat bahwa di tahun 2019 lalu ada 363 lomba lari yang diadakan di berbagai daerah di tanah air. Tahun 2020 memang belum usai, tapi sejauh ini tercatat sudah ada 203 lomba lari, termasuk beberapa yang dijadwalkan berlangsung pada bulan November dan Desember mendatang.

Jumlah itu tergolong cukup lumayan, apalagi jika mempertimbangkan fakta bahwa sebagian besar lombanya berlangsung selama pandemi dengan mengandalkan format virtual. Lomba lari virtual sendiri memang sudah cukup sering diadakan dalam 2-3 tahun terakhir, akan tetapi berhubung lomba lari tradisional sedang tidak memungkinkan di masa pandemi, tren virtual run pun kembali naik daun.

Daripada bersepeda, berlari jelas bisa melibatkan lebih banyak orang, dan itu penting karena kita semua harus tetap bisa menjaga kebugaran tubuh demi melalui masa-masa sulit seperti sekarang. Namun seperti yang kita tahu, kita juga harus selalu menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari aktivitas lari beramai-ramai.

Pengalaman yang ditawarkan lomba lari virtual jelas berbeda karena atmosfer berkompetisinya tidak akan seintens lomba lari tradisional. Kendati demikian, buat sebagian besar orang, tentu ada rasa kepuasan tersendiri setelah berpartisipasi dalam event yang dianggap sedang happening.

Di saat yang sama, tren virtual run ini juga tidak akan populer tanpa adanya kemajuan teknologi. Pasalnya, kehadiran smartphone dan smartwatch sangat memudahkan kita untuk memonitor kegiatan berlari dengan data yang lengkap dan akurat.

Meski tidak ada kawan yang mendampingi, kegiatan berlarinya sendiri juga dapat dibuat menjadi lebih menyenangkan dengan adanya perangkat seperti TWS, yang memastikan musik bisa terus mengalun dan menyemangati tanpa ada seuntai kabel pun yang mengganggu. Maka dari itu tidak mengherankan jika sebagian besar lomba lari yang dilangsungkan di tahun 2020 ini merupakan lomba lari virtual.

OPPO Reno4 Virtual Run

Di bulan Oktober ini, salah satu lomba lari virtual yang tengah berlangsung diselenggarakan oleh OPPO. Bertajuk Reno4 Virtual Run, lomba ini tak hanya mengajak para konsumen OPPO saja, melainkan juga semua masyarakat tanah air untuk tetap berolahraga dan menjaga kesehatan di masa pandemi.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 12 Oktober lalu, dan akan berakhir pada 31 Oktober mendatang. Respon masyarakat terhadap Reno4 Virtual Run rupanya sangat besar, terlihat dari jumlah partisipan yang mengikutinya, yaitu 2.593 orang.

Jumlah ini terbilang mengesankan, terutama jika dibandingkan dengan ajang sejenis yang juga pernah diselenggarakan oleh OPPO pada tahun 2016 lalu, yakni Selfie Run yang menjaring sekitar 1.600 peserta.

Baca Juga

Menyesuaikan dengan tema bagaimana gadget bisa berperan dalam memopulerkan tren lomba lari virtual, hadiah lomba yang dapat dimenangkan peserta Reno4 Virtual Run pun juga merupakan gadgetgadget yang esensial untuk menemani kegiatan berolahraga, macam smartphone Reno4 Series – termasuk Reno4 F yang baru saja dirilis – OPPO Watch, serta TWS OPPO Enco W51.

Kalau boleh menebak, bukan tidak mungkin ke depannya lomba lari virtual masih akan rutin diadakan meski situasi sudah kembali normal. Di titik itu, premisnya mungkin bukan lagi lomba lari selagi menjaga protokol kesehatan, tapi lomba lari yang bisa diikuti oleh semua masyarakat di tanah air, tidak peduli di mana pun mereka berada.

SUMBER

Share Is Cool