Tonton Ini, Robot Kalahkan Rekor Manusia dalam Permainan Rubik

– Tahukah Anda, siapa pemegang rekor tercepat untuk menyelesaikan susunan sebuah rubik? Rupanya rekor itu dipegang oleh sebuah robot yang dibangun dengan memanfaatkan potongan balok-balok plastik alias Lego. Robot yang dinamai Cubestormer 3 itu berhasil menyusun sebuah rubik dalam waktu 3,253 detik. Dikutip dari The Verge, waktu tersebut lebih cepat 62 persen dari rekor dunia yang juga pernah dicatat oleh robot Cubestormer generasi kedua.

Menariknya, waktu tersebut juga berhasil mematahkan rekor yang pernah dicatat oleh manuasia, yaitu Mats Valk asal Belanda. Mats berhasil mencatatkan dirinya sebagai manusia tercepat yang berhasil menyelesaikan susunan sebuah rubik dalam waktu 5,55 detik pada tahun lalu.
Kembali ke Cubestormer 3, robot ini dibangun menggunakan balok-balok plastik alias Lego yang ditunjang dengan motor penggerak, aktuator dan beberapa set Lego Mindstrom. Untuk melakukan analisis dan mengirim kontrol ke unit robot tersebut, pengembang memanfaatkan aplikasi Android buatannya sendiri yang berjalan pada perangkat Samsung Galaxy S4.
Dua orang insinyur di belakang proyek Cubestormer 3 ini adalah David Gilday yang saat ini bekerja untuk ARM dan Mike Dobson. Keduanya menyelesaikan proyek tersebut dalam waktu 18 bulan.
Gilday menegaskan, bagian yang paling sulit saat membangun Cubestormer 3 adalah mengatur komunikasi antara smartphone dengan motor penggerak. Hal tersebut bertujuan guna merancang peranti lunak yang dapat memecahkan susunan rubik yang masih diacak.
Dalam waktu dekat, apa yang akan dilakukan oleh kedua pasangan geek ini terkait dengan robot buatannya? Mereka berdua memiliki keinginan untuk membangun robot yang memiliki kemampuan untuk memecahkan waktu permainan rubik yang lebih cepat lagi dari rekor yang sudah dicatat sekarang.
Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *