Tip Cara Lain Membuat Audio Book

JS NEWS- Ada beberapa jenis buku, seperti buku motivasi atau buku kisah, yang menyertakan audio (audio book). Jadi selain menyediakan buku dengan teks, isi dari teks buku tersebut dapat didengar dalam bentuk audio. Tentu saja ini memudahkan buat mereka yang mengalami kesulitan dengan membaca saja atau mereka yang kurang konsentrasi dengan tulisan.

Nah, dengan menggunakan smartphone, Anda juga dapat membuat audio book tersebut, tentunya dengan aplikasi pihak ketiga. Salah satu trik untuk membuat audio book tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan fitur OCR. Maksudnya aplikasi akan mengambil gambar yang di dalamnya terdapat teks dan teks tersebut akan dibaca (dengan fitur OCR) kemudian teks akan dibacakan oleh aplikasi. OCR (optical character recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text dan aplikasi ini juga bisa menjadi aplikasi tambahan untuk scanner.

Di Google Play Store, sebenarnya banyak sekali aplikasi yang memungkinkan untuk pekerjaan tersebut. Hanya saja, hampir semua aplikasi yang gratis dipenuhi dengan iklan yang terasa mengganggu. Bila tanpa iklan tentunya aplikasi berbayar. Dari sekian banyak pilihan, mungkin hanya Text Fairy yang benar-benar gratis dan tanpa iklan. Berikut tips penggunaannya.

Seperti biasa, instal aplikasi dan buka. Aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana, hanya menyediakan sedikit menu. Pada sisi kiri terdapat 3 garis yang merupakan tempat pengaturan dan di sisi kanan tempat sumber file yang akan di scan untuk diambil teksnya. Sumber ini terdiri dari 2 yaitu kamera dan image dari storage yang tersedia di ponsel.

Pada pengaturan tersebut, sebaiknya tambahkan bahasa terlebih dahulu (add language). Secara default sudah terdapat bahasa Inggris, jadi Anda tinggal menambahkan bahasa Indonesia dan bahasa lainnya sesuai kebutuhan. Maksudnya, bila image yang ingin di scan menggunakan bahasa Thailand, maka Anda harus menambahkan bahasa Thailand agar hasilnya optimal.

Baca Juga: Begini Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi Ketika Menginap di Hotel

Bila merasa kesulitan memahami menunya, tersedia juga fitur tips yang berisikan tips penggunaan dalam format video (YouTube). Tips ini tentunya membantu bila ingin menggunakan secara lebih maksimal.

Pengujian penggunaan pertama adalah mengambil image yang sudah ada. Anda tinggal memilih image tertentu. Tersedia titik dengan garis biru yang dapat Anda ubah sesuai dengan posisi teks mana yang ingin dipilih. Geser sesuai bentuk.

Baca Juga: Cara Menghapus Iklan di Hp Android: Aplikasi, Game, dan Browser

Setelah dipilih, Anda akan diminta memilih format output apakah dalam bentuk 1 kolom ataukah 2 kolom. Sebaiknya gunakan 1 kolom bila teks tidak terlalu banyak dan panjang. Anda juga harus menentukan bahasa apa yang terdapat pada image. Dalam contoh ini adalah bahasa Indonesia.

Setelah teks terpilih, jangan buru-buru menutup, justru disinilah Anda harus menentukan outputnya. Bila ingin memasukkannya dalam olah teks pilih ‘copy’, tapi bila tidak bisa memilih share atau langsung ke format pdf. Bila Anda memilih ‘copy’ maka akan muncul output teks.

Pada pengujian share (Anda dapat share ke aplikasi apa saja yang ada di ponsel), hasil teks dikirim ke aplikasi Whatsapp. Hasilnya akan menjadi tulisan teks biasa.

Sedangkan bila Anda mengambil sumber scan dari kamera, pastikan objek mendapat pencahayaan yang cukup. Usahakan setegak mungkin sehingga bentuk teks dapat terbaca dengan jelas. Bila hasil scan kurang memenuhi syarat, aplikasi akan memberitahukan dan memberi pilihan apakah tetap ingin terus atau melakukan scan ulang. Seperti sebelumnya, sesuaikan letak image dan pilih format kolom.

Agak berbeda dari image, hasil scan akan membutuhkan waktu lebih lama sesuai dengan berapa banyak teks yang terdapat di dalamnya. Proses scan akan terlihat dalam bentuk persentase. Jangan lupa, pilih ‘copy’ dan jangan mengklik OKE.

Fungsi audio book akan berjalan saat Anda mengklik ‘translate’. Translate dimaksud adalah Google Translate. Artinya Anda harus terhubung ke internet untuk menggunakannya. Karena fitur audio (icon speaker) akan menghubungkan ke layanan Google. Anda bisa melakukan switch bahasa dengan terjemahannya langsung. Keterbatasan dari aplikasi ini adalah, Anda hanya dapat melakukan scan satu per satu halaman dan tidak dapat menggabungkannya. Tapi jangan khawatir, sebab output akan terlihat dalam bentuk penomoran urut.

Hasil teks yang telah muncul tersebut juga dapat Anda edit langsung layaknya menggunakan aplikasi Notepad. Teks setting juga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Sumber

Share Is Cool