Tertangkap Karena Hacking Webcam

JS NEWS Seorang hacker asal inggris yang menggunakan malware remote administration tool ( RAAT ) blackshades untuk membajak komputer –

komputer korbannya untuk mengitip webcam dikenai pidana selama 40 minggu. Target webcam yang diintip oleh stefa rigo adalah webcam berisi adegan sensual korban di skype ataupun langsung di depan komputer. Ditemukan 14 rekaman webcam yang berisi video pribadi korban hasil dari tindakan hacking-nya.

Rigo membeli blackshades dari pasar gelap menggunakan kartu kredit mantan kekasihnya untuk menyebarkan malware RAT tersebut. Ia juga menghabiskan waktu 5 hingga 10 jam perhari di depan monitor untuk melihat webcam korban. Blackshades sendiri dapat digunakan untuk mencuri password, DDOS, mencuri file, menjalankan virus lainnya hingga monitoring layar secara penuh.

Rigo ditangkap sejak bulan november 2014 oleh kepolisian internasional yang menangani kejahatan cyber secara serentak di inggris, estonia, perancis, rumania, latvia dan norwegia. Pada september 2015 lalu, baru lalu lah rigo divonis penjara selama 40 minggu dan kerja sosial selama 200 jam. Namun, rigo juga terkena dakwaan lain karena mengambil video privasi orang lain, dan berpotensi terkena vonis 7 tahun penjara.

Pembuat blackshades sendiri, yaitu alex yuce dipenjara 57 bulan setelah malware buatanyya menyebar lebih dari setengah juta komputer di seluruh dunia.

Info : www.yorkshireeveningpost.co.uk

Sumber : PCMedia Edisi : 11 / 2015 ( Diakses pada tanggal : 20/01/2016)

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published.