Tag Heuer Luncurkan Smartwatch Generasi Ketiga, Kini Dilengkapi Crown Seperti Arloji Tradisional

Tag Heuer Connected 2020 / Tag Heuer, Spesifikasinya kurang lebih sama seperti smartwatch Wear OS yang dirilis di tahun 2018 – 2019

JS NEWS-Pasar smartwatch belakangan ini terkesan stagnan, akan tetapi itu bukan berarti pabrikan sudah sepenuhnya mangkir dari segmen tersebut. Jangankan produsen gadget, produsen jam tangan tradisional pun sebenarnya masih tertarik menekuni bidang ini.

Lihat saja Tag Heuer, yang baru saja meluncurkan smartwatch anyarnya, Connected 2020. Perangkat ini merupakan smartwatch ketiga Tag Heuer setelah Connected di tahun 2015 dan Connected Modular di tahun 2017. Ya, selisih waktu tiga tahun memang tergolong lama, dan sudah semestinya pembaruannya cukup signifikan.

Tag Heuer Connected 2020

Secara fisik, Tag Heuer Connected 2020 sepintas kelihatan mirip seperti pendahulunya. Namun ada satu perubahan dramatis yang diusungnya: ia mengemas sebuah crown, menjadikannya semakin menyerupai arloji tradisional. Crown tersebut diapit oleh dua tombol ekstra, dan ini mengindikasikan pengoperasian yang lebih baik ketimbang generasi sebelumnya yang cuma mengandalkan satu tombol saja.

Dimensinya tidak berubah banyak dari sebelumnya, dengan diameter 45 mm dan tebal 13,5 mm. Layarnya merupakan panel OLED 1,39 inci beresolusi 454 x 454 pixel, dan tentu saja ada kaca safir yang melapisinya, tidak ketinggalan pula bezel dari bahan keramik. Soal ketahanan air, ia siap diajak menyelam hingga kedalaman 50 meter.

Tag Heuer Connected 2020

Yang agak mengecewakan mungkin adalah spesifikasinya, utamanya chipset yang digunakan, yakni Qualcomm Snapdragon Wear 3100. Saya bilang mengecewakan karena chipset ini sudah berusia hampir dua tahun, dan kelebihannya dibanding sebelumnya tidak lebih dari sebatas konsumsi daya yang lebih irit.

Chipset ini juga sama persis seperti yang terdapat pada Montblanc Summit 2, yang juga telah eksis sejak tahun 2018. Mungkin yang lebih pantas disalahkan adalah Qualcomm.

Tag Heuer Connected 2020

Selebihnya, fitur yang ditawarkan smartwatch ini terbilang lengkap. NFC hadir sebagai standar, tapi sayangnya konektivitas Bluetooth yang digunakan belum versi 5.0. Heart-rate monitor dan GPS turut tersedia, dan baterai yang diusungnya memiliki kapasitas 430 mAh. Seperti sebelumnya, perangkat ini menjalankan sistem operasi Wear OS bikinan Google.

Read more

Tag Heuer Connected 2020 saat ini sudah dipasarkan dengan harga mulai $1.800 untuk varian dengan case stainless steel, atau $2.350 untuk varian titanium. Koleksi strap ekstranya dijual seharga $100 untuk yang berbahan karet, dan $490 untuk yang berbahan stainless steelYupstrap-nya sendiri saja sudah seharga smartwatch lain.

SUMBER

Share Is Cool