Synology HAT5300, Hard Drive Enterprise Pertama dari Synology

JS NEWS – Synology, penyedia solusi data storage asal Taiwan, secara resmi meluncurkan produk hard drive pertama mereka. Diberi nama Synology HAT5300, hard drive ini ditujukan untuk segmen enterprise dan dirancang secara optimal untuk mendukung produk NAS (Network Attached Storage) Synology. 

“Hard drive Synology HAT5300 sangat ideal untuk kebutuhan menyimpan data bisnis yang membutuhkan kapasitas, keandalan, dan performa yang hemat biaya,” kata Peggy Weng, Product Manager di Synology Inc. Weng mengklaim, HAT5300 sudah diuji secara mendalam sehingga dapat menjawab kebutuhan saat ini. 

Baca Juga: WD Sediakan Portable Hard Drive 5TB Tertipis

Di sisi performa, Synology HAT5300 memberikan kecepatan transfer data hingga 274 MB/detik. Performa ini didukung dengan kinerja sequential read (membaca data yang lokasinya berdekatan) hingga 23% lebih baik dibanding hard drive sekelas. Kemampuan ini menjadi krusial untuk lingkungan multi-user yang menjadi beban keseharian NAS Synology.

Sedangkan di sisi keandalan, Synology HAT5300 memiliki MTTF (mean time to failure) 2,5 juta jam dengan dukungan beban kerja 550 TB per tahun. Hard drive ini juga memiliki teknologi cache write persistent untuk meminimalisir kerusakan data jika terjadi kehilangan data secara mendadak. 

“Selama proses pengembangan, kami menguji tiga SKU selama lebih dari 300.000 jam untuk memastikan bahwa Synology HAT5300 dapat memberikan keandalan yang mutlak bagi pengguna kami,” ujar Peggy Weng. “Kami telah merancang hard drive yang dioptimalkan sehingga pengguna kami dapat bekerja dengan baik menggunakan sistem kami, termasuk integrasi DSM yang lancar,” tambah Weng. 

Salah satu contoh integrasi adalah firmware Synology HAT5300 dapat di-update secara otomatis melalui DSM. Dengan begitu, admin tidak perlu lagi melakukan firmware update secara manual.

Sekadar informasi, DSM atau DiskStation Manager adalah sistem operasi berbasis web untuk semua NAS Synology. Dengan DSM, NAS Synology memiliki kapabilitas canggih dari sekadar media penyimpanan data. Contohnya di DSM ini, kita bisa menggunakan software Active Backup for Business untuk proses backup sistem operasi Windows, Linux, sampai virtual machine VMware dan Hyper-V.

Atau jika NAS digunakan untuk menyimpan data video surveillance, DSM memiliki software Surveillance Station yang mendukung penyimpanan data sampai 90 kamera jika dipasang pada NAS Synology RS3621xs+. 

Synology HAT5300 tersedia dalam ukuran 16TB, 12TB, dan 8TB dan sudah tersedia di Indonesia. Dengan HAT5300 ini, Synology berharap bisa memenuhi kebutuhan pengguna akan ekosistem NAS yang cepat, andal, dan cerdas.

SUMBER

Share Is Cool