Street Fighter V

street fighter vStreet Fighter V merupakan veteran game fihting dari capcom yang pembuatannya dibantu oleh developer dimps. Sesuai namanya, seri kali ini merupakan seri utama ke – 5 dari franchise street fighter.

Game yang telah dirilis sejak febuari 2016 lalu ini hanya bisa dimainkan melalui play station 4 dan pc. Namun, terdapat rumor bahwa nantinya game ini juga akan dirilis untuk versi libux, meski belum ada pengumuman tanggal rilis resminya dari developer.

street fighter v 1Karakter

Street Fighter V menghadirkan 16 karakter yang bisa dimainkan secara bebas tanpa perlu melakukan unlock dan sejenisnya. Terdapat karakter lama dan baru pada seri kali ini. Berikut ini karakter baru dan lama yang bissa anda mainkan.

Karakter Lama :

Birdie

Cammy White

Chalie Nash

Chun – Li

Dhalsim

Karin Kanzuki

Ken Masters

  1. Bison

Necalli

  1. Mika

Ryu

Vega

Zangief

 

Karakter Baru :

  1. A. N. G

Laura Matsuda

Necalli

Rashid

  1. A. N. G, laura matsuda, necalli, dan rashid merupakan karakter – karakter baru yang dihadirkan dalam street fighter v. F. A. N. G adalah anggota baru dari shadaloo grand masters yang mampu mengombinasikan serangan jarak jauh dengan kemampuan khusus untuk meracuni lawan. Sementara itu, laura matsuda adalah petarung asli brazil yang mempunyai adik laki – laki bernama sean matsuda ( karakter dalam street fighter III). Kemudian necalli adalah petarung berambut ular yang mencari lawan tangguh hanya untuk mengambil jiwa dari lawan – lawannya. Terakhir, rashid merupakan pertarung asal timur tengah yang mampu mengendalikan angin. Rashid mencari temannya yang hilang diculik oleh bison dan shadaloo

street fighter v 2Fighting Gameplay

Sebelum kami membahas fitur – fitur dalam streetfighter v, kami akan membahas fighting gameplay-nya terlebih dahulu. Game ini memiliki battle mechanic yang cukup simpel dan tidak membingungkan pemainnya. Pemain tidak perlu menghafal seluruh gerakan – gerakan spesial seperti menghafal rumus – rumus matematika.

Adapun yang perlu diketahui oleh pemain ialah mengenai dua parameter utama saat pemain bertarung, yaitu v-gauge dan ex. Kedua parameter ini mempunyai slot atau balok yang dapat terisi maksimum. Pemain bisa membuatnya menjadi full dengan melakukan serangan berat ke lawan. Lalu apa yang terjadi jika keduan parameter ini terisi? Tentunya, pemain bisa melakukan serangan spesial dan critical. Berikut kami jabarkan tipe – tipe serangan spesial dan critical dalam street fighter v.

V – trigger adalah kemampuan khusus yang memanfaatkan seluruh slot v – gauge untuk membuat damage combo menjadi lebih besar dari normalnya. Kemudian v – reversal adalah kemampuan khusus untuk melakukan counter attack yang menggunakan satu slot v – gauge. Selanjutnya critical arts, yaitu serangan utama yang menggunakan seluruh slot pada ex gauge.

Selain itu tidak ketinggalan tipe serangan unik yang dimiliki oleh setiap karakter. Sebagai contoh. Karakter f. A . n . g memiliki v – skill untuk meracuni lawan jarak jauh sehingga hp pemainnya berkurang secara perlahan.

street fighter v 3Story Mode

Selain fighting gameplay yang mumpumi, street fighter v juga menghadirkan story mode. Namu, tidak seperti story mode pada umumnya, story mode dalam streetfighter v tidak harus dimainkan secara berurutan. Terdapat 16 karakter yang memiliki cerita tersendiri. Pemain bebas memiliki karakter yang ada. Dengan karakter yang dipilih, pemain akan melakukan 3x pertarungan beserta cut – scene.

Meskipun bisa dimainkan secara acak, cerita dari 16 karakter tersebut masih berhubungan satu sama lain. Sala satu kekurangannya terletak pada cut – scene. Di era next – gen seperti ini. street fighter v masih menggunakan cut – scene 2d seperti visual novel. Namun, tidak perlu khawatir, developer menjanjikan update untuk story mode pada juni 2016 mendatang. Semoga saja update tersebut dapat membuat story mode dalam street fighter v ini menjadi lebih kuat baik dari segi cerita mauoun cut – scene.

streetSurvival & Challenges

Jika story mode pada street fighter v kurang memuaskan, survival mode cukup bisa menghibur. Melalui mode ini pemain bisa melawan 10 pertarungan ( level easy ) secara beruntun dengan 1 karakter. Pemain akan melawan 10 petarung tersebut tanpa refresh hp di setiap modenya.

Setiap pemain yang berhasil melawan seorang petarung akan mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk membeli hp tambahan, slot v – gauge dan ex gauge. Jika pemain membuat lawan k.o dengan serangan spesial atau critical maka poin yang diperoleh akan semakin besar.

Melalui mode ini pemain harus bisa memanfaatkan poin sebaik mungkin karena apabila karakter pemain kehabisan hp hingga 90%, dan tidak mempunyai poin cukup untuk membeli hp maka pemain akan kewalahan pada ronde berikutnya.

Sementara untuk mode challenges, masih belum tersedia hingga review ini ditulis. Developer telah mengumumkan bahwa mode ini akan dihadir bersama DLC gratis pada bulan maret 2016.

street fighter v 4Capcom Fighter Network

Cfn atau capcon fighter network merupakan fitur online pada street fighter v. Melalui cfn pemain dapat bermain bersama user lainnya secara cross – platform. Ini artinya, pemain dari play station 4 bisa bermain secara online dengan pemain dari pc.

Jika berjiwa kompetitif, pemain bisa menguji kemampuan melalui ranked match. Sesuai namanya jika pemain memenangkan pertandingan ranked maka pemain akan mendapatkan poin yang berpengaruh pada posisinya di papa ranking cfn.

street fighter v 7Selain ranked matc, pemain bisa memainkan casual match. Melalui pertandingan ini, poin pemain tidak akan bertambah ataupun berkurang. Casual match bisa digunakan untuk berlatih bersama user lainnya sebelum turun ke ranked match.

Di luar ranked dan casual, terdapat fitur tambahan seperti request fight dan replay match. Pemain bisa mencari profile – profile pemain di seluruh dunia melalui papan ranking cfn. Terdapat fighter id yang bisa digunakan untuk request fight / replay match.

Namu perlu diingat, hingga review ini di tulis, cfb masih belum cukup stabil. Terkadang pemain akan keluar secara tiba – tiba melalui server. Hal ini sedikit menggangu karena pemain harus mengulang login ke menu utama.

street fighter v 5Grafis

Memasuki ruang grafis, sama saja memasuki ruang subjektif. Grafis pada street fighter v ini tidak terlalu mewah namun terbilang unik karena visual yang dihadirkan pada arena pertarungan seperti animasi komik. Nuansa 2.5D dalam game ini masih terasa kental tidak seperti dragon ball xenoverse yang sudah memiliki arena pertarungan secara 3D.

Di luar itu, terdapat ambience di area pertarungan yang masih bisa dinikmati untuk ukuran game berkelas next – gen. Namun, ambience ini hanyalah pemanis, tidak bisa dimanfaatkan untuk gerakan darurat yang memanfaatkan keadaan area.

street fighter v 6Kesimpulan

Street fighter v masih terbilang belum rilis 100% karena masih akan hadir karakter dan fitur terbaru pada bulan maret dan juni 2016. Jika anda fighting gamer sejati, game ini perlu dimuat dalam wishlist anda. Anda tertarik? Game ini sudah bisa dibeli melalui playstation store ( online ) dan game stop ( offline ).

Sumber : PCMedia Edisi

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *