STAR WARS BATTLEFRONT

battlefrontStar wars battlefront merupakan action shooter game yang dapat dimainkan secara multi-player.

Berawal dari mei 2013, publisher electronic arts mendapatkan hak eksklusif untuk membuat game dari franchise legendaris star wars.

Ditahun yang sama, dice, visceral games, dan bioware sebagai developer electronic arts pun mulai mengerjakan game ini secara bersamaan.

Dice pertama kali membocorkan teaser trailer game ini kepada publik saat sesi press conference electronic entertainment expo 2013 (E3 2013). Game ini dibuat menggunakan frostbite 3, game engine hasil pengembangan dice yang digunakan pula untuk membuat serial battlefield. Pihak dice menyebutkan bahwa star wars battletfront bukan sekuel dari battlefront II namun lebih ke reboot dari serial battlefront. Sebelumnya , battlefront II dikembangkan oleh pandemic studios dan savage entertainment.

Pada april 2015, electronic arts menngumumkan tanggal perilisan start wars battlefront, yakni tanggal 17 november 2015, sebulan sebelum perilisan film star wars : the force awakens ke layar lebar pada 14 desember 2015.

Pda 8 oktober lalu, pc media pun berkesempatan untuk memainkan versi beta game ini. Versi beta tersebut bisa dimainkan melalui playstation 4, xbox one dan pc. Dengan total size 10 gb, kami men-download melalui aplikasi pc game resmi dar EA, yaitu orgin. Berikut kami suguhkan review game star wars battlefront beta yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum membeli versi full release-nya.

FIRST IMPRESSION

battlefront1Saaat memasuki star wars battlefront beta, kami disuguhkan main menu yang sederhana namun terlihat modern. Diiringi musik khas star wars sebagai backsound permainan, pemain pun dapat merasakan atmosfer star wars yang sangat kental saat baru memulai game ini. Dalam keadaan idle, game ini akan memunculkan footage dari karakter dan kendaraan yang ada di star wars, layaknya screen saver.

Selanjutnya, kami mencoba single-player dengan mode survival melawan AI. Mengagumkan, suasana perang bintang di planet benar – benar berasa dengan objek visual pesawat – pesawat luar angkasa yang terlibat baku tembak.

Texture yang disuguhkan game ini juga patut diacungi jempol. Batu – batuan planet, padang pasir bahkan kawah panas berukuran kecil sekalipun mempunyai texture yang sangat detail. Texture tersebut di- setting menggunakan preset grafis high dengan kartu grafis GTX 960.

Beralih ke viewpoint, star wars battlefront ini menawarkan dua pilihan, fps dan 3rd person. Pemain dapat menggantinya secara mudah saat melakukan misi, baik single-player ataupun multi-plater. pada keyboard, anda dapat menekan karakter C untuk men-switch viewpoint fps dan 3rd person. fitur Ini tentu sangat bermanfaat bagi para pemain yang tidak betah berlama – lama memandang game dengan viewpoint fps.

Setelah menyelesaikan sebuah misi, terdapat point yang akan pemain peroleh, dan secara otomatis poin tersebut akan berubah menjadi coin. Coin tersebut dapat digunakan untuk membeli senjata dan gadget dalam game multi-player yang disesuaikan dengan level pemain.

Kemungkinan hal ini sengaja di ­setting untuk menghindari pay for win. Bisa dibanyangkan, anda sudah berusaha payah mengumpulkan coin selama sebulan namun di satu sisi ada pemain beru yang langsung membeli banyak coin agar bisa memiliki senjata super-power. Tidak adil bukan? Maka dari itu dibuatlah sistem, hanya pemain dengan level tinggi saja yang diperbolehkan membeli senjata super-power.

MISSION

battlefront2Jika anda bukan penggemar game multi-player, jangan berkecil hati. Karena star wars battlefront menghadirkan misi-misi yang bisa dimainkan secara single-player atau oofline, local co-op hingga online co-op.

Satu-satunya   misi single-player dan co-op yang tersedia pada versi beta adalah survival mode. Di sini pemain akan menahan gelombang serangan dari elite stormtroopers, at-st hinggatie fighters. Untuk area, pemain dapat merasakan semua planet terkenal yang ada di franchise star ware, seperti planet endor dan hoth.

Lebih lanjut, star wars battlefront ini akan ditambahkan variasi misi pada single – player dan co-op saat versi full release muncul antara lain, battles, hero battles dan trials. Mendengar adanya mode hero banntles, para pemain boleh saja berharap bahwa melalui mode tersebut pemain bisa menggunaka karakter luke skywalker untuk bertarung secara online vs one dengan darth vader.

MULTI – PLAYER

battlefront3Dengan kemampuan satu room yang mampu menampung hingga 40 user, tentunya multi-plater dari star wars battlefront patut untuk di tunggu. Saat versi beta muncul, terdapat dua mode multi-player yang bisa dimainkan, yaitu drop zone dan walker assaulut.

Drop zone memiliki gameplay capture and defend. Terdapat dua tim bernama rebel dan imperial memperebutkan pod yang jatuh secara random disebuah planet, dan tim denga perolehan pod terbanyak akan menjadi pemenang.

Sementara itu, walker assaulut memiliki gameplay menyerang dan melindungi AT- AT. Pada mode ini terdapat pesawat, mechine gun hingga at-st yang dapat digunakan untuk perang. Selain itu, terdapat juga hero power-up yang tersebar secara random di area. Pemainnya yang berhasil menemukan power-up tersebut dapat berubah menjadi luke skywalker atau dart vader.

battlefront4Meski hanya versi beta namun multi-player star wars battlefront memiliki server yang sangat stabil. Dengan speed internet 512 KB/s, sepanjang permainan kami hampir tidak menemui lag. Anda juga tidak perlu repot mencari room kosong dengan ping rendah karena sistem secara otomatis akan mencari room terbaik agar dapat dimainkan secara lancar ( matchmaking ).

Selain dua mode pada versi beta tersebut, terdapat pula mode pada versi full release seperti fighter squadron, supremacy, cargo, droid run hingaa blast. Semuanya, memiliki gameplay spesial yang berbeda-beda sesuai dengan selera pemain. Jika anda menyukai gameplay yang menggunaka kendaraan atau pesawat maka anda dapat memilih fighter squadron. Sementara jika anda menyukai gameplay shooter tanpa henti maka pilihlah mode deathmatch blast.

9/ 10 “IT’S OKAY.” – PCMEDIA

Star wars battlefront yang menyuguhkan game single – player dan multiplayer dengan nuansa perang bintan ini dapat dinikmati oleh seluruh penikmat game baik itu penggemar franchise star wars maupun bukan. Dengan mode gameplay yang variatif, ditambah dukungan matchmaking yang stabil, tentunya game ini layak masuk dalam library game anda. Dengan harga US$70, star wars battlefront sudah bisa pre-order melalui origin, dan akan dirilis pada 17 november 2015 mendatang. So, are you rebel or imperial?

Sumber : PCMedia edisi : 11/2015 ( Diakses pada tanggal : 17/02/2016)

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *