Sony Luncurkan Mirrorless Sony A7 Mark IV dengan Fitur Canggih

JS NEWS – Akhirnya Sony meluncurkan kamera mirrorless full-frame Alpha 7 IV atau A7 Mark IV sekaligus menjadi suksesor A7 Mark III yang dirilis pada 2018 lalu.

Tentunya, kamera A7 Mark IV menawarkan banyak perubahan seperti sensor gambar baru 33 MP, kemampuan perekaman video 4K 10-bit 6fps, dan teknologi autofokus baru.

A7 Mark IV mengusung sensor gambar full-frame CMOS Exmor R baru beresolusi 33 MP, lebih tinggi dari resolusi sensor pendahulunya yang sebesar 24 MP. Berkat sensor itu, A7 Mark IV mampu merekam video dengan resolusi 4K 4:2:2 10-bit hingga 60fps.

Dalam laman resminya, Sony mengklaim sensor ini dapat menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi dengan noise rendah, serta presisi AF dan stabilitas fokus yang lebih tinggi.

A7 Mark IV mengusung sensor CMOS Exmor R dengan image processor Bionz XR dan tingkat sensitivitasya ISO 100 hingga ISO 51.200 yang bisa diekspansi hingga ISO 204.800.

A7 Mark IV memiliki sistem autofokus yang mampu mendeteksi 759 titik phase-detect AF dengan cakupan frame 94 persen dan 425 titik contrast-detect AF. Selain manusia, Eye AF Real-time pada kamera ini dapat melacak mata burung dan hewan untuk gambar diam dan film.

Akurasi deteksi wajah dan mata untuk manusia pada kamera A7 Mark IV juga diklaim meningkat sekitar 30 persen dibandingkan dengan A7 Mark III.

A7 Mark IV juga memiliki AF Assist yang mendukung transisi fokus saat menggunakan AF. Fitur AF Assist ini sendiri dipinjam dari kamera Cinema Line Sony FX6.

Baca Juga : Sony ECM-W2BT Adalah Mikrofon Wireless Bebas Kabel Dengan Digital Multi Interface Shoe

Peningkatan lain ada di aspek jendela bidik. Kini, A7 Mark IV dibekali dengan viewfinder elektronik (EVF) OLED Quad-VGA (3,68 juta dot, magnifikasi 0,78x) dengan refresh rate 120 Hz. Model A7 Mark III sebelumnya hanya dibekali EVF 60 Hz.

Dalam hal storage, A7 Mark IV menawarkan slot ganda yang kartu UHS-I dan UHS-II SDXC/SDHC. Khusus untuk slot paling atas, slot ini juga sekaligus kompatibel untuk kartu CFexpress Type A.

Fitur lain termasuk in-body image stabilizer 5-axis dengan kompensasi hingga 5,5 stop, layar sentuh titling screen, baterai NP-FZ100, dan port USB Type-C. Kamera A7 Mark IV sudah nongol di situs resmi Sony Indonesia lengkap dengan informasi soal spesifikasi dan fitur-fiturnya. Namun, sayangnya belum ada keterangan harga dan jadwal ketersediaan kamera ini di Indonesia.

Kamera Alpha 7 Mark IV ini dikabarkan akan mulai tersedia secara internasional pada Desember 2021 mendatang dengan harga jual sekitar 2.500 dollar AS (kira-kira Rp 35,3 juta).

SUMBER

Share Is Cool