Solusi Penyimpanan Data Mirip Cloud yang Lebih Aman: Network-Attached Storage

JS NEWS – Saat kebutuhan penyimpanan data, termasuk backup semakin tinggi, layanan yang ditawarkan juga semakin beragam. Haruskah kita memakai cloud, harddisk external, atau ada solusi lain sebagai opsi yang berimbang di antara keduanya? Saatnya berkenalan lebih jauh dengan network-attached storage.

NAS sesuai singkatannya, network attached storage pada dasarnya adalah komputer yang fungsi utamanya adalah tempat penyimpan data. NAS umumnya dipasang dalam sebuah LAN (local area network). Bagaimana cara kerjanya? Data-data di dalam NAS nantinya bisa diakses oleh perangkat apa saja yang terhubung ke dalam LAN tersebut, termasuk PC, perangkat mobile, server, dan lain sebagainya. NAS juga mulai populer dipakai sebagai private cloud storage.

Cloud storage adalah media penyimpanan yang terhubung ke internet dan bisa diakses oleh penggunanya dari berbagai lokasi selama mereka memiliki koneks internet. Contohnya Google Drive atau Dropbox. 

Mengapa NAS disebut private cloud? Sebab, meski sama-sama terhubung ke internet, hanya pengguna jaringan internal saja yang bisa punya akses ke data-data yang ada di dalamnya.

Sebuah NAS umumnya bisa menampung lebih dari satu HDD (harddisk drive), 2-8 buah untuk NAS di rumah atau kantor kecil, dan mencapai puluhan untuk NAS level perusahaan besar/enterprise. HDD di dalam NAS umumnya dipakai dalam konfigurasi RAID di mana dua atau lebih HDD berjalan bersamaan untuk menawarkan fungsi lebih. 

Apakah NAS hanya berfungsi sebagai media penyimpanan data “eksternal”? Jawabannya adalah tidak. NAS juga dapat digunakan sebagai media server, photo server, local webserver, dan lain sebagainya. Melalui software yang tepat, NAS bisa difungsikan sebagai layanan cloud atau server email pribadi yang aman untuk organisasi Anda.

NAS punya perbedaan dengan harddisk eksternal biasa yang hanya biasa diakses oleh satu PC atau laptop. Pasalnya, NAS ditempatkan di LAN, sehingga akses ke NAS bisa dilakukan bersamaan dari beberapa PC atau perangkat lain sekaligus, termasuk akses ke fungsi-fungsi tambahan di atas.

NAS juga memiliki sistem operasi dan prosesor tersendiri untuk memberikan beragam fungsi tambahan seperti otomatisasi, keamanan data, pencadangan serta memutar file multimedia seperti audio, foto, dan video.

Mengapa Network-Attached Storage banyak Diminati?

Wikimedia Common

Jika dibandingkan dengan cloud public, NAS memiliki sistem yang lebih fleksibel dan terukur. Jika Anda memerlukan penyimpanan tambahan, Anda dapat langsung menambahkannya ke perangkat yang Anda miliki. 

Dengan memiliki NAS, Anda punya semua keuntungan cloud publik, dalam versi yang lebih murah, lebih cepat, dan Anda memiliki kendali penuh terhadap aktivitas yang terjadi. 

Tak seperti cloud publik yang rentan disusupi pihak-pihak eksternal, Anda bisa melakukan pemantauan lebih jeli karena sistem NAS hanya bisa diakses oleh pihak tertentu yang tertentu yang terhubung ke jaringan LAN. NAS rata-rata telah dilengkapi jaminan perlindungan data, contohnya IronWolf dari Seagate yang memberikan fitur Rescue Data Recovery selama 2 tahun. Anda juga bisa membackup data secara rutin dan otomatis. 

Satu hal yang menjadi kelebihan NAS adalah fleksibilitasnya. Anda bisa memilih NAS dengan slot hard disk sesuai kebutuhan. Dengan beberapa slot hard disk, Anda dapat dengan mudah memasang hard disk baru untuk menambah kapasitas penyimpanan di NAS. Bahkan, Anda juga dapat dengan mudah meningkatkan kapasitas RAM agar kemampuan pemrosesan meningkat.

NAS digadang-gadang cocok sebagai sistem penyimpanan data untuk UMKM. Sebab, terlepas dari kapasitasnya yang cukup besar, pilihan biayanya cukup rendah serta relatif mudah untuk diakses dan dioperasikan oleh usaha yang tak memiliki staf IT sekalipun.

Memilih NAS yang Tepat

Secara garis besar, pengguna NAS terbagi menjadi 2: pengguna rumahan & kantoran skala kecil; atau pengguna kelas enterprise dengan jumlah pengguna yang cukup banyak.

Dalam memilih NAS, Anda perlu menentukan tujuan penggunaan NAS sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan dengan kemampuan pemrosesan data dari perangkat tersebut, termasuk jumlah slot harddisk yang dimilikinya. 

NAS dari Synology dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Dilengkapi dengan DiskStation Manager, Anda memiliki keleluasaan untuk mengatur backup data, recovery data, sinkronisasi data, akses data pengguna, pengaturan file multimedia dan beragam fungsi lainnya. Sistem operasi berbasis web ini memberikan tingkat keamanan kelas enterprise, bahkan saat digunakan di rumah dan kantor skala kecil.

Synology.com

Salah satunya NASBagi Anda yang masih memiliki stigma bahwa NAS itu mahal, maka Anda harus melirik Synology DS218j. Harganya sangat terjangkau untuk pengguna rumahan sekalipun.

Synology DS218j merupakanNAS dengan fitur 2-bay yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan atau bisnis skala kecil dan menengah. Synology DS218j hadir dengan desain sederhana berdimensi 165 x 100 x 225,5 mm dan bobot 0,88 kg saja. 

Meskipun menyediakan 2-bay (2 slot), Synology DS218j mampu menampung tiga jenis perangkat penyimpanan mulai dari SATA HDD 3,4″, SATA HDD 2,5″, dan SATA SSD 2,5″. 

Baca Juga : Strategi Backup Data dan Tambah Memori iPhone Dalam Sekejap

Bagaimana dengan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan? Synology DS218j memiliki daya tampung data maksimal 24TB. Masing-masing drive dilengkapi kapasitas 12TB tergantung konfigurasi teknologi RAID yang digunakan dengan maximum single volume size sebesar 16TB.

Bentuk fisik Synology DS218j tampak sederhana, begitu juga dengan interfacenya. Bagian depan hanya terdapat tombol Power serta kumpulan lampu indikator yang terdiri dari indikator daya, drive yang terpasang serta indikator koneksi LAN dan status perangkat. 

Synology DS218j dibekaliCPU Marvell Armada 385 (88F6820) 32-bit Dual Core 1,3Ghz dengan kapasitas RAM 512MB DDR3 yang mampu menyajikan operasional antarmuka dengan cepat dan lancar. Synology DS218j menyajikan kecepatan baca atau sequential reading hingga 113MB/s dan kecepatan tulis atau sequential writing hingga 112MB/s yang tentunya dicapai secara optimal apabila menggunakan perangkat penyimpanan yang ditujukan untuk NAS.

Mengapa varian NAS Synology satu ini cocok untuk bisnis kecil sekalipun? Setiap fiturnya sangat user-friendly dan dibekali dengan tutorial. Pada bagian home, pengguna dapat melihat kotak berisi informasi performa Synology DS218j termasuk kesehatan drive yang terpasang.

Selain itu aplikasi pendukung atau companion app yang disediakan Synology juga cukup banyak termasuk untuk versi mobile, sehingga pengguna bisa mengakses konten dan terhubung ke seluruh fitur dari Synology DS218j melalui aplikasi yang disediakan serta fitur Synology QuickConnect.

Synology.com

Misalnya fitur Synology Moment yang menyediakan akses untuk menyimpan atau membuat backup foto di Synology DS218j dari smartphone. Dengan teknologi AI atau kecerdasan buatan dari Synology, setiap foto yang tersimpan secara otomatis akan dikelompokkan tidak hanya berdasarkan tanggal tapi juga wajah maupun objek foto.

Synology DS218j menjadi salah satu NAS yang bisa diandalkan bagi pengguna rumahan atau perusahaan skala kecil dan menengah yang membutuhkan perangkat penyimpanan data yang terhubung dengan internet ketimbang berlangganan cloud. 

Mengapa demikian? Saatnya membandingkan harga NAS dan cloud. Ada beberapa cloud yang gratis, namun Anda perlu mengkompromikan keamanan data bisnis Anda. Jika Anda ingin berlangganan, biaya perbulan mungkin tak sampai Rp 100 ribu, namun coba perhitungkan biaya langganan selama setahun. Jika dipikir-pikir lagi, membeli NAS berarti membayar mahal di awal untuk investasi jangka panjang yang lebih ekonomis.

Saatnya membandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan harddisk eksternal, yakni rata-rata sebesar 1 juta rupiah untuk kapasitas 1 TB. Walaupun rerata harga NAS tiga kali di atas harga harddisk eksternal, namun pengguna memiliki kapasitas hingga 24x lebih besar dan akses data yang lebih fleksibel dari berbagai perangkat. 

Tertarik menjajal kemampuan NAS di kantor Anda? Smartcomputerindo menyediakan Synology DS218j dengan harga 3,5 juta rupiah untuk menerapkan penyimpanan, pemrosesan, dan backup data yang lebih aman dan nyaman bagi usaha Anda. Klik di sini sekarang!

SUMBER

Share Is Cool