Setelah 15 Tahun, Google Memerangi Adware

JS NEWS Google akan memperkenalkan proteksi baru untuk melindungi user, dan pengiklanan dari ad injectors. Hal ini dilakukan setelah tahun ini google menerima 300.000 lebih komplain dari user, dan pengiklan online.

Program google adword sudah di mulai sejak tahun 2000 namun sebelum itu, ad injectors telah hadir. Lalu apa itu ad injectors ? ad injectors merupakan suatu teknik mencurigakan yang mengubah iklan pada halaman website atau menampilkan iklan baru yang sebelumnya tidak ada di web. Ini adalah karakteristik dari adware yang sejak lama banyak melakukan teknik tersebut dengan komponen toolbar pada browser. Saat ini, adware melakukannya melalui extension atau plugin.

Namun, zaman telah berubah. Jika dahulu ad injectors digunakan hanya untuk sekedar mencari profit, teknik ini kini banyak ditemukan untuk mendistribusikan malware seperti halnya pencuri data.

Adapun salah satu adware terkenal yang melakukan ad injectors, yaitu sambreel. Adware ini memasukkan iklan pada website youtube dan reward arcade yang terlihat pada website apple, walmart, dropbox dan facebook.

Berdasarkan riset yang di lakukan oleh google, ad injectors tidak hanya mengganggu pemilik website yang konten-nya dihalangi iklan sehingga menggurangi impresi iklan.

Meskipun ad injectors telah lama hadir namun belum ada terobosan drastis dari google untuk mengatasi ancaman adware yang acapkali hadir di melaluli bundling software di mana adware ter-install secara tersembunyi.

Pada akhirnya, google mengumumkan fitur proteksi terbaru, yaitu doubleclick bid manager. Dengan double click bid manager ini nantinya iklan yang dimunculkan melalui ad injectors akan dihilangkan.

Berdasarkan laporan pada bulan september, 1,4% iklan dari data iklan pada doubleclick bid manager telah ditendang karena aksi ad injectors. Namun, kini dengan adanya doubleclik bid manager, ad injectors yang kerap muncul melalui adware atau dns poisoning dapat ditangkal oleh google.

Info : www.googleonlinesecurity.blogspot.com

Sumber : PCMedia Edisi : 10/2015 ( Diakses tanggal :08/12/2015 )

Share Is Cool