Seberapa ‘Sakit’ Dirimu? Ikuti Tes Kecanduan Gim Ini!

Cermati Gangguan Perilaku Akibat Main Gim Berlebihan

JS NEWS- Sebagaimana kita ketahui, WHO resmi menetapkan bahwa kebiasaan main gim secara berlebihan (gaming disorder) dikategorikan dalam bentuk gangguan perilaku atau penyakit yang memerlukan perawatan serius.

Hal ini tercakup dalam International Classification of Diseases (ICD-11), yang merupakan versi terbaru dari daftar klasifikasi medis standar internasional (dan dikeluarkan oleh WHO) untuk mengenali ragam penyakit dan gangguan kondisi kesehatan berdasarkan masukan para pelaku medis seluruh dunia.

Baca Juga : Download Game Crysis 3!!

Perilaku menyimpang (gaming disorder) yang dimaksud di sini mencakup pula kecanduan gimsebagai kondisi klinis dan sindrom gangguan di mana penderita tidak mampu mengkontrol lagi dirinya dengan peningkatan prioritas bermain gim ketimbang melakukan kegiatan sehari-hari. Bahkan, meskipun dirinya mengetahui akan dampak negatif dari bermain gim secara berlebihan.

Terkait hal ini, tentu saja memunculkan sedikit kecemasan di kalangan gamer, apalagi mereka bermain gim tiap hari dalam kadarnya pemain profesional. Apakah rutinitas yang mereka lakukan sudah masuk kategori ‘berlebihan‘ dan bisa berujung gangguan kesehatan?

Nah, kita bisa berkaca pada langkah antisipasi yang diambil oleh kalangan medis dan pemerhati esports di Korea Selatan, yang menyusun sebuah tes diagnosa awal untuk mengukur seberapa besar ‘gaming disorder‘ dari para pelaku esports di sana. Berikut adalah daftar perilaku dan nilai diagnosa awal yang dirilis oleh Korean National Health Insurance

Sumber

Share Is Cool