Seagate Tawarkan SSD FireCuda 120 untuk PC Gaming dengan SATA


JS NEWS – Seagate baru saja menyampaikan tawaran barunya untuk PC gaming di dunia yang menggunakan antarmuka SATA untuk media simpan utamanya. PC Gaming seperti ini bisa merupakan PC Gaming yang cukup berumur maupun PC Gaming baru yang memang masih mengandalkan SATA. Yang disebut terakhir bisa saja karena pemiliknya menilai kinerja yang ditawarkan SATA masih memadai untuk keperluan gaming-nya. Tawaran baru itu adalah FireCuda 120 yang merupakan SSD dengan antarmuka SATA. Sebelumnya Seagate sudah menawarkan BarraCuda 120 yang juga merupakan SSD SATA. Namun, Seagate mengklaim FireCuda 120 menawarkan kinerja dan daya tahan yang lebih baik dari abangnya tersebut.

Versi terkini dari SATA, SATA 6 Gbps, menawarkan bandwidth teoritis maksimal sebesar 600 MBps. SSD kelas atas sekarang banyak yang menawarkan kecepatan transfer data melebihi 3 GBps, setidaknya pada kondisi tertentu. SATA 6 Gbps tentu akan menjadi bottleneck bila digunakan pada SSD seperti itu. Alhasil untuk SSD dengan kecepatan transfer data melebihi 600 MBps, PCI-Express yang kini menjadi pilihan. Namun, untuk SSD dengan kecepatan transfer data yang tidak atau jarang melebihi 600 MBps, SATA 6 Gbps tetap bisa menjadi pilihan. Dibandingkan HDD, SSD masa kini dengan antarmuka SATA umumnya akan menawarkan kinerja yang jauh lebih cepat.

Seagate FireCuda 120 hadir dengan pilihan kapasitas 500 GB, 1 TB, 2 TB, dan 4 TB. Kapasitas tersebut lebih besar dari pilihan yang ditawarkan Seagate BarraCuda 120 yang sebesar 250 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB. Sekilas terlihat Seagate FireCuda 120 hadir dengan kapasitas dua kalinya Seagate BarraCuda 120.

Tak hanya kapasitas, seperti telah disebutkan, Seagate FireCuda 120 juga meanawarkan kinerja dan daya tahan yang lebih baik dari Seagate BarraCuda 120. Kinerja dan daya tahan atau umur dari suatu SSD tentu antara lain bergantung pada kapasitas yang dimilikinya. Namun, khusus untuk daya tahan, Seagate FireCuda 120 menawarkan lebih dari dua kalinya Seagate BarraCuda 120.

Baca Juga

Seagate FireCuda 120 memiliki kecepatan pembacaan dan penulisan sequential yang sama dengan Seagate BarraCuda 120, tetapi menawarkan kecepatan pembacaan acak yang lebih tinggi. Seagate FireCuda 120 diklaim memiliki kecepatan pembacaan acak sebesar 100.000 IOPS dan kecepatan penulisan acak sebesar 90.000 IOPS. Adapun Seagate BarraCuda 120 menawarkan kecepatan pembacaan dan penulisan acak sebesar 90.000 IOPS.

Sementara, untuk TBW (terabyte written)-nya, Seagate FireCuda 120 diklaim memiliki TBW sebesar 700 untuk varian dengan kapasitas terkecil dan sebesar 5.600 untuk varian dengan kapasitas terbesar. Seagate BarraCuda 120 sendiri menawarkan TBW sebear 150 untuk varian dengan kapasitas terendah dan sebesar 1.170 untuk varian dengan kapasitas tertinggi.

Belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai kapan Seagate FireCuda 120 bisa dibeli di Indonesia beserta harganya.

SUMBER

Share Is Cool