Seagate Rilis Hard Disk Exos 18 TB yang Ditujukan untuk Perusahaan

JS NEWS – Seiring dengan pertumbuhan data yang semakin tinggi, kebutuhan perusahaan/organisasi akan solusi hyperscale dan cloud storage pun terus meningkat hingga besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurut laporan terbaru Seagate bertajuk “Rethink Data”, data perusahaan diperkirakan akan tumbuh rata-rata sebesar 42,2% selama dua tahun ke depan.

Survei yang dilakukan oleh IDC (International Data Corporation), juga telah memperkirakan bahwa jumlah data yang diciptakan dan dikonsumsi atau datasphere global akan mencapai 175 ZB sampai dengan 2025 dalam dokumen Whitepaper IDC dengan sponsor dari Seagate.

Sebagai upaya mendukung perusahaan untuk menjawab tantangan dalam penyimpanan data, Seagate merilis produk hard disk terbarunya yaitu Exos 18 TB, hard disk berbasis helium dengan kapasitas 18 TB dari jajaran produk Exos X18.

Kehadiran Exos X18 dengan kapasitas tinggi ini akan membantu pelaku usaha dalam memenuhi kebutuhan penyimpanan data yang semakin meningkat.

Hard disk baru ini diklaim memiliki performa dan kapasitas besar untuk mendukung perusahaan dalam penyelenggaraan data center (pusat data) hyperscale sehingga bisa bekerja secara lebih efisien dan hemat biaya dalam mengelola data yang terus meningkat.

“Hard disk Exos X18 Seagate memungkinkan perusahaan untuk mengelola peningkatan eksponensial volume data secara lebih efektif dengan meningkatkan kapasitas sistem dan mengurangi kompleksitas penggunaan,” ujar Ken Claffey, Vice President and General Manager of Enterprise Data Solutions di Seagate Technology.

“Dengan semakin meningkatnya permintaan kapasitas dan efisiensi penyimpanan yang lebih besar dari data center perusahaan, Seagate menawarkan densitas dan konfigurasi terdepan dengan kemudahan penggunaan untuk tempat penyimpanan data dalam jumlah besar atau data lakes dan penyimpanan cloud pribadi,” tambahnya.

BACA JUGA : Colorful Luncurkan SSD SATA Seukuran Flash Disk

Exos X18 adalah generasi kelima dari hard disk perusahaan berbasis helium berkapasitas 18TB dengan 3,5 inci nearline dan 7200 RPM dengan antarmuka SATA dan SAS.

Hard disk ini memungkinkan solusi penyimpanan berkapasitas tinggi sekaligus memungkinkan pelanggan menyesuaikan kapasitas yang dibutuhkan secara lebih hemat.

Hard disk ini juga menjawab tantangan penyimpanan sistem hyperscale, data center, serta NAS perusahaan dengan memungkinkan transfer data yang sangat cepat, daya dan beban yang lebih rendah dibandingkan hard disk nearline biasa, serta peningkatan baca/tulis acak (IOPS) dibandingkan generasi sebelumnya dengan format 512e dan 4KN.

Exos X18 mencakup perlindungan data internal melalui teknologi Seagate Secure yang menyediakan penggantian hard disk yang aman, terjangkau, cepat, dan mudah.

Hard disk Exos X18 18 TB kini sudah tersedia di seluruh platform penjualan Seagate di Indonesia dengan Rp12.704.000.

SUMBER

Share Is Cool