Sambut Pertumbuhan Bank Digital, Bank Mandiri Buka API Portal untuk Seluruh Startup Indonesia

JS NEWS – Perkembangan kebutuhan dan kebiasaan nasabah dalam bertransaksi dari waktu ke waktu membuat industri perbankan harus terus melakukan inovasi dan transformasi dalam pengembangan produknya. Salah satu faktor yang juga harus diperhatikan adalah pertumbuhan bank digital yang mendorong perubahan pelayanan terhadap nasabah. Selain itu, hadirnya startup di banyak kategori membuat bank harus dapat menyesuaikan produknya agar dapat digunakan dengan maksimal oleh pengguna platform startup tersebut.

Hal ini dilihat oleh Bank Mandiri sebagai kesempatan dengan membuka API Platform yang dapat diintegrasikan dengan produk-produk startup yang ada di Indonesia. Mandiri API ini sendiri dapat membantu Bank Mandiri dalam melayani nasabahnya melalui platform yang dimiliki oleh pihak ketiga. Sehingga transformasi digital yang dilakukan ini diyakini dapat membuat bank dapat lebih efisien dalam melayani nasabah di setiap kebutuhannya.

Pendorong Kolaborasi dengan Startup

Pemanfaatan API yang diperluas melalui kolaborasi dengan startup membantu Bank Mandiri untuk memperluas penggunaan dan pemanfaatan produknya oleh nasabah. Bagi startup, mengintegrasikan produknya dengan API dapat membantu mereka berinovasi dan mengembangkan produknya lebih jauh. Selain itu, salah satu keuntungan dalam pemanfaatan API adalah kemudahan integrasi yang ditawarkan. Melalui integrasi tersebut, startup dapat mengimplementasikan produk atau layanan dari Bank Mandiri tanpa perlu mengubah fungsi dan tampilan dari aplikasi yang dimiliki, sehingga pengguna dapat memanfaatkan masing-masing fitur dengan mudah tanpa perlu banyak penyesuaian baru. Tidak hanya itu, pemanfaatan API yang tepat juga dapat menghadirkan proses transaksi yang lebih cepat dan memberikan pengalaman terhadap transaksi yang makin mempermudah penggunanya.

Berbagai startup dari tiap kategori dapat mengembangkan pelayanannya dengan penggunaan API ini. Mulai dari e-commerce, fintech, atau startup apapun yang membutuhkan transaksi yang cepat bagi penggunanya. Kemudahan penggunaan serta kecepatan proses transaksi tersebut dapat membuat kepuasan pengguna meningkat dan mengundang datangnya pengguna baru ke dalam platform mereka.

Mendekatkan Produk Perbankan kepada Pengguna

Adanya pemanfaatan API ini dapat semakin mendekatkan produk bank kepada pengguna. Bank tidak lagi hanya terbatas pada penyimpanan dan transfer dana, tetapi juga menjangkau dan memenuhi berbagai kebutuhan lainnya, mulai dari transaksi di e-commerce, melakukan peminjaman dana, hingga melakukan pembayaran tagihan rutin seperti asuransi kesehatan dan listrik bulanan. Semua dapat dinikmati oleh nasabah menggunakan produk perbankan yang telah terintegrasi dengan produk pihak ketiga tempat nasabah bertransaksi melalui API ini. Bagi bank sendiri, adanya pemanfaatan API  ini mempermudah pengguna untuk bertransaksi secara cepat serta mengetahui informasi finansial yang mereka miliki pada platform yang mereka gunakan.

Baca Juga : Duha Syariah Hadir Sebagai Fintech Berbasis Syariah Bebas Riba

Saat ini, pengguna mungkin sudah tidak asing dengan layanan perbankan yang telah mengadopsi digital dalam penggunaannya. Diantara pengguna mungkin pernah melakukan top-up e-money melalui smartphone atau bertransaksi dengan cepat dan mudah saat transfer sejumlah uang menggunakan virtual account yang tersedia. Kemudahan tersebut didapatkan dari penggunaan API yang sudah terintegrasi lewat kolaborasi produk perbankan dengan pihak ketiga seperti startup yang banyak menyediakan kebutuhan penggunanya.

Kolaborasi yang dilakukan antara bank dengan startup dapat menciptakan “simbiosis mutualisme” bagi keduanya. Di satu sisi, startup dapat terus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya dengan dukungan dari insitusi keuangan yang terpercaya. Di sisi lain, bank dapat memperluas cakupan penggunaan dan terus mengembangkan produk perbankan agar semakin dekat dalam melayani nasabah. Pemanfaatan API memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan mudah dengan mengandalkan otomatisasi. Bagi konsumen sendiri, hal ini sangat manguntungkan, sebab dengan platform yang terintegrasi, seluruh transaksi dapat dilakukan tanpa secara seamless.

SUMBER

Share Is Cool