Review Canon PIXMA TS5370: Printer Multifungsi dengan Tampilan Modis

Siapa bilang perangkat cetak atau multifungsi tidak memiliki desain menarik? Canon PIXMA TS5370 bisa jadi salah satu contohnya. Desain dan tampilannya menarik serta beda. Terlihat sekali bahwa multifungsi ini ditujukan untuk pengguna muda yang masih sekolah atau di bangku kuliah. Unit yang kami uji kebetulan memiliki warna hijau yang disebut dengan brilliant green. Sementara, pilihan warna lain yang tersedia yaitu millenial pink dan hitam.

Sebagai perangkat multifungsi, PIXMA TS5370 bisa digunakan untuk mencetak, menggadakan, serta memindai dokumen. Bodi-nya terlihat khas Canon dengan dimensi yang terbilang standar untuk perangkat multifungsi dengan dukungan kertas atau dokumen sampai A4.

Untuk pengoperasian dilakukan melalui komputer maupun langsung dari perangkat melalui tombol yang tersedia. Ada delapan tombol fisik dan satu layar OLED berukuran 1,44 inci. Layar OLED tersebut memiliki tampilan yang cerah dan tajam, tidak hanya nyaman dilihat dalam kondisi terang, tetapi juga dalam kondisi temaram.

Untuk menampung kertas, PIXMA TS5370 menyediakan dua baki. Satu di bagian bawah (kaset) dan satu di bagian belakang (tray). Masing-masing daya tampungnya sampai seratus lembar. Kapasitas tersebut tentu sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan pengguna yang kami sebut tadi.

Untuk mencetak, perangkat ini menggunakan dua cartridge yaitu hitam dan warna. Proses pemasangan cartridge cukup mudah. Anda tinggal mengangkat area bawah flatbed dan kompartemen cartridge akan bergeser ke tengah, lalu masukkan cartridge dan tekan sampai terdengar bunyi klik.

Saat beroperasi, ada LED menyala di sepanjang sisi bawah flatbed. Hal itu menjadikannya lebih unik dan keren.Ternyata lampu ini juga memiliki fungsi sebagai pemberi informasi. Contohnya jika terjadi kesalahan atau kertas habis, warnanya akan berubah menjadi jingga, sedangkan jika normal, warnanya putih

Kemampuan mencetak dilihat dari sisi kecepatan terbilang standar. Apalagi, ciri khas dari pencetak inkjet, ketika mencetak dalam jumlah besar, akan tedapat jeda beberapa detik akibat dari mekanisme yang umumnya digunakan. Yang kami suka, ketika mencetak dokumen dengan tampilan teks dan grafik, gradasi warna terlihat rapi. Hasil cetaknya juga tidak membuat kertas jadi terlalu melengkung. Hanya saja, secara detail, warna hitam yang dihasilkan kurang pekat. Untungnya, saat kami mencetak foto menggunakan kertas foto, warna hitam tampil lebih baik.

Untuk menggadakan dokumen, pengoperasian dilakukan melalui panel kontrol. Tombol yang tersedia serta layar OLED berukuran 1,44 inci-nya memudahkan pengoperasian dengan hadirnya informasi yang jelas. Dari sana Anda juga bisa melakukan berbagai pengaturan standar, seperti aktivasi koneksi nirkabel, baik untuk ponsel pintar maupun untuk jaringan. Sayangnya, koneksi ini membutuhkan ruter nirkabel sehingga koneksi dengan ponsel pintar tidak bisa secara langsung.

Fungsi pemindai sama seperti saat mencetak yang membutuhkan komputer. Dibutuhkan aplikasi IJ Scan Utility atau ScanGear. Anda bisa menggunakan salah satu sesuai dengan selera karena masing-masing menawarkan antarmuka yang berbeda.

Baca Juga

Kami menyukai bagian belakang perangkat yang bisa dibuka. Bagian itu jadi solusi jika terjadi paper jam atau kertas tersangkut. Cukup buka bagian ini dan kertas bisa dengan mudah diambil tanpa perlu membuka bagian dalam perangkat.

Jika Anda sering mencetak, apalagi mencetak foto yang membutuhkan cartridge warna yang cukup besar, kapasitas XL bisa jadi pilihan.

Jika Anda sering mencetak, apalagi mencetak foto yang membutuhkan cartridge warna yang cukup besar, kapasitas XL bisa jadi pilihan.

Melalui aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY, Anda bisa mencetak, memindai, menggandakan, sampai memantau perangkat secara langsung dari ponsel pintar.

Melalui aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY, Anda bisa mencetak, memindai, menggandakan, sampai memantau perangkat secara langsung dari ponsel pintar.

Hasil Uji

Kecepatan mencetak5 lembarFPOT
Teks mono (rtf)37 detik12 detik
Teks warna (rtf)1 menit 24 detik22 detik
Teks + grafik (pdf)2 menit 46 detik26 detik
Gambar A4 (jpg)3 menit 50 detik50 detik
Kecepatan menggadakan5 lembarFPOT
Teks mono (rtf)43 detik20 detik
Teks warna (rtf)1 menit 24 detik21 detik
Teks + grafik (pdf)1 menit 51 detik27 detik
Gambar A4 (jpg)2 menit 1 detik32detik
Kecepatan memindaiWarnaMonokrom
Foto A4 (100 dpi)9 detik7 detik
Foto A4 (300 dpi)19 detik15 detik
Foto A4 (600 dpi)58 detik51 detik

Kesimpulan

Dengan desain yang disesuaikan dengan gaya anak muda, Canon PIXMA TS5370 memang ditargetkan untuk pengguna rumahan atau para pelajar, misalnya untuk memenuhi kebutuhan tugas sekolah maupun sekadar untuk bersenang-senang seperti mencetak foto.

Plus: Desain eye-catching, kualitas cetak foto bagus, hasil cetak memiliki gradasi yang halus, dukung koneksi nirkabel, dukung duplex, ada akses khusus untuk mengatasi paper jam.

Minus: Warna hitam kurang pekat, kurang gegas, tidak dukung Wi-Fi Direct, duplex tidak didukung pada pemindaian dan penggandaan.

Spesifikasi

FungsiMencetak, memindai, menggandakan
Teknologi pencetakInkjet warna (FINE)
Resolusi pencetak4.800 x 1.200 dpi
Kapasitas kertas pencetak (input)Tray belakang: 100 lembar
Kaset: 100 lembar
Jenis kertas pencetakTray belakang: kertas biasa, High Resolution Paper (HR-101N), Photo Paper Pro Platinum (PT-101), Photo Paper Pro Luster (LU-101), Photo Paper Plus Glossy II (PP-201), Matte Photo Paper (MP-101), Glossy Photo Paper “Everyday Use” (GP-508), Photo Paper Plus Semi-Gloss (SG-201), Photo Paper Plus Glossy II (PP-208), Photo Stickers (PS-108/PS-208/PS-808), Removable Photo Stickers (PS-308R), Magnetic Photo Paper (PS-508), T-Shirt Transfer, amplop
Kaset: kertas biasa
Teknologi pemindaiCIS (flatbed)
Resolusi pemindai (optikal)1.200 x 2.400 dpi
Kedalaman warna pemindai (input/output)Greyscale: 16/8 bit; Colour: RGB masing-masing 16/8 bit
Pilihan kualitas gambar penggandaDraft, standard, high
Fasilitas penggandaMultiple copy sampai 99 lembar
KoneksiWi-Fi 802.11b/g/n, USB 2.0
Sistem operasiWindows, Mac OS X; iOS, Android, Windows 10 Mobile
Bobot6,3 kg
Dimensi (plt)40,3 x 31,5 x 14,8 cm
Konsumsi daya (off/standby/aktif)0,3/0,9/19 W
Situshttps://id.canon
Harga tintaPG-760 Pigment Black: Rp227.000
PG-760 XL Pigment Black: Rp336.000
CL-761 Colour: Rp346.000
CL-761 XL Colour: Rp531.000
Harga unitRp1.999.000
KontakDatascrip, (021) 6544515

SUMBER

Share Is Cool