Renesas Umumkan Bluetooth Low Energy untuk Perangkat IoT Hemat Energi

JS NEWS – Renesas belum lama ini mengumukan perihal modul Bluetooth Low Energy-nya, RYZ012, yang siap untuk sampling. RYZ012 adalah modul Bluetooth Low Energy 5 pertama dari Renesas. Modul Renesas RYZ012 ditujukan untuk perangkat IoT (internet of things) hemat energi, tepatnya yang berdaya ultrarendah. Renesas mengklaim RYZ012 mengonsumsi sangat sedikit daya ketika dalam kondisi deep sleep. Pada perangkat IoT yang menggunakan baterai, Renesas RYZ012 bisa tidak menguras baterai sehingga perangkat IoT bersangkutan bisa beroperasi lebih lama sebelum baterainya perlu diganti; sesuatu yang diinginkan untuk perangkat IoT berdaya ultrarendah yang ditenagai baterai.

“Modul RYZ012 melengkapi solusi konektivitas IoT kami, menampilkan daya ultrarendah dalam suatu form factor kecil, didesain untuk menyasar suatu penggunaan yang luas dari IoT, rumah terkoneksi, asset tracking, dan aplikasi-aplikasi sensitif biaya,” ujar Roger Wendelken (Senior Vice President, Head of MCU Business, IoT and Infrastructure Business Unit, Renesas). “RYZ012 bekerja sama dengan solusi sensor Renesas untuk menawarkan suatu ekosistem dari perangkat sampai cloud yang dari ujung ke ujung,” tambah Roger Wendelken.

Modul Renesas RYZ012 mengitegrasikan transceiver 2,4 GHz yang mendukung low-rate wireless personal area network (IEEE802.15.4) dan ZigBee, selain tentunya Bluetooth Low Energy. Tak ketinggalan, Renesas RYZ012 juga mendukung Bluetooth Low Energy Mesh. Lebih lanjut, Renesas menyebutkan RYZ012 tidak membutuhkan DSP (digital signal processor) eksternal dalam mendukung standar IoT 2,4 GHz. Hal itu membuat jumlah komponen eksternal yang diperlukan bisa ditekan.

Modul Renesas RYZ012 menyertakan sebuah microcontroller 32 bit dengan flash memory 512 kB dan static RAM 64 kB. Modul ini pun hadir dalam dua varian, yakni dengan antena terintegrasi dan tanpa antena terintegrasi. Varian yang terakhir misalnya bisa digunakan pada perangkat IoT yang butuh jangkauan lebih jauh, tentunya dengan bantuan antena yang lebih mumpuni.

Seperti telah disebutkan, modul Renesas RYZ012 sudah tersedia untuk sampling. Adapun ketersediaan penuhnya ditargetkan menyusul pada tahun 2020 ini juga.

SUMBER

Share Is Cool