Printer Portabel Canon Pixma TR150 Hadir di Indonesia untuk Mencetak di Mana Saja

Printer yang cocok untuk mereka yang sering bekerja secara mobile

JS NEWS – Masa New Normal mungkin akan mengubah cara kita dalam bekerja. Oleh karena itu, semua perlengkapan pun butuh untuk mudah dibawa ke mana saja. Jika smartphone dan laptop sudah bisa dibawa ke mana saja, kali ini Canon hadirkan kembali printer yang bisa mencetak di mana saja. Printer tersebut adalah Canon Pixma TR150.

Perangkat pencetak ini diluncurkan oleh sang distributor, PT. Datascrip pada tanggal 18 Juni 2020 secara online melalui aplikasi Zoom. Pixma TR150 merupakan penerus dari Pixma TR110 yang selama ini sudah dijual di pasar Indonesia. Canon pun menyasar pada para pekerja kantoran yang aktif bepergian serta bekerja secara mobile. Hal tersebut pun cocok dengan kondisi saat ini di mana orang bekerja dari rumah.

Canon Pixma TR150 - Presslaunch

Printer ini pun memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan pencetak portabel yang ada di pasaran. Yang pertama adalah Canon Pixma TR110 dapat dinyalakan dengan menggunakan baterai. Baterai ini sendiri bisa diisi ulang langsung dengan menggunakan power bank. Canon mengklaim bahwa baterai yang ada bisa memberikan tenaga ke printer untuk mencetak sampai 330 halaman.

Pixma TR150 juga memiliki layar OLED hitam putih berukuran 1,44 inci. Pada layar tersebut, pengguna bisa melihat kapasitas baterai, tinta, dan juga sinyal WiFi yang digunakan. Printer ini juga memiliki port USB-C yang bisa digunakan untuk menghubungkan dengan komputer dan melakukan pengisian baterai. Sayangnya, printer ini belum mendukung USB OTG.

Canon Pixma TR150 - open

Dengan menyandang nama Pixma (Pixel Master) membuat TR150 menjadi salah satu printer portabel yang mampu mencetak foto borderless  dengan ukuran A4. Koneksi nirkabel yang bisa digunakan pun juga sudah mendukung WiFi 5 GHz, sehingga memiliki bandwidth yang lebih besar. Printer ini juga sudah menggunakan Generic USB Serial Number, sehingga driver yang digunakan hanya satu saja jika memiliki lebih dari satu Pixma TR150.

Untuk spesifikasi lengkap dari Canon Pixma TR150, dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Pixma TR150
Jenis TintaHitam (Pigmen/Dye) / Warna CMY (Dye)
Kecepatan9 IPM (hitam) / 5.5 IPM warna
layar1,44″ OLED Mono
Dimensi322 x 185 x 66 mm
Bobot2.1 kg / 2.3 kg dengan baterai
InterfaceUSB-C / WiFi

Canon Pixma TR150 dijual dengan harga Rp. 4.700.000 tanpa menggunakan baterai. Untuk paket yang menggunakan baterai, harganya menjadi Rp. 6.200.000. Jika ingin membeli baterainya secara terpisah, dapat membelinya dengan harga Rp. 2.000.000. Perangkat ini pun akan tersedia untuk  dibeli oleh konsumen pada akhir bulan juni sampai awal bulan Juli.

Bagaimana ketahanannya terhadap guncangan?

Sebuah perangkat portabel pun semestinya bisa digunakan di mana saja. Namun, tidak jarang pula seseorang harus melakukan pencetakan pada saat di tengah jalan, seperti didalam sebuah mobil yang sedang berjalan. Jika terjadi kasus seperti ini, saya pun menanyakan apakah Pixma TR150 tahan terhadap guncangan pada saat melakukan pencetakan. Karena, setiap mekanik biasanya rentan terhadap kerusakan akibat guncangan.

Baca Juga

Canon Pixma TR150 - Additional

Andryan Ananta selaku Assistant Marketing Manager, Canon Business Unit PT. Datascrip mengatakan bahwa sebaiknya dalam melakukan pencetakan, posisi printer harus lurus dan stabil. Guncangan yang terjadi jika dalam kasus di atas tentu akan membuat hasil cetak menjadi kurang akurat karena print head akan terguncang. Oleh karena itu, kerusakan tidak akan langsung terjadi pada saat ada guncangan, hanya saja hasil pencetakan menjadi tidak sempurna.

Saya juga sempat menanyakan apakah USB-C yang ada bisa dipakai untuk USB-C flash disk. Andryan pun mengatakan bahwa printer ini tidak bisa menggunakan USB flash disk untuk mentransfer data. Printer ini hanya mendukung pencetakan melalui laptop, komputer, serta smartphone dengan koneksi WiFi.

SUMBER

Share Is Cool