Pentaho Tutorial untuk Business Intelligence

Populer sebagai paket Business Intelligence open source, Pentaho memiliki kemampuan ETL, analisis, metadata dan pelaporan yang fenomenal

JS NEWS- Populer sebagai paket Business Intelligence open source, Pentaho memiliki kemampuan ETL, analisis, metadata dan pelaporan yang fenomenal. Business Intelligent tool ini membantu user untuk mengenali manfaat big data sambil menawarkan penghematan biaya, kelincahan dan model produktifitas pengiriman awan / cloud. 

Pentaho merupakan platform BI serbaguna yang memungkinkan perusahaan melakukan analisa, mengintegrasikan dan menyajikan data melalui laporan dan dashboard yang komprehensif. Dengan antarmuka yang bisa dengan mudah anda rancang sendiri, Pentaho telah memberikan kontribusi yang berharga dalam analisis data, memberikan saran bisnis dan menyajikan data dan informasi Anda dalam format laporan interaktif dalam bentuk dashboard.
Mengapa banyak industri menerapkan Pentaho saat beberapa pesaing populer seperti Qlikview, jaspersoft, dan lain-lain, menawarkan fungsionalitas serupa? Yuk kita lanjutkan baca di bawah ini untuk mencari tahu:

Kenapa Pentaho Banyak di Implementasikan Oleh Banyak Industri ?

  1. Dapat ditempatkan di atas infrastruktur apapun termasuk cluster data yang besar
  2. Laporan sederhana dan interaktif dikembangkan menggunakan wizard langkah-demi-langkah
  3. Konektivitas memungkinkan konten dipublikasikan langsung di server BI.

Populer sebagai paket Business Intelligence open source, Pentaho memiliki kemampuan ETL, analisis, metadata dan pelaporan yang fenomenal

Anda bisa mempelajari tentang Pentaho Data Integrasi di situs BI Analyst ini.
Fleksibilitas yang menakjubkan dari Pentaho telah mempercepat adopsi oleh sebagian besar perusahaan dan kelompok bisnis mereka saat ini. Mereka mengandalkan layanan Pentaho untuk mengidentifikasi hambatan yang menghalangi kemampuan perusahaan untuk mengekstrak nilai dari data. Selanjutnya, Pentaho menyediakan berbagai solusi dan menerjemahkan data menjadi nilai. Memberikan solusi dengan teknologi open source, teknologi Pentaho mendukung arsitektur yang dapat diperluas dan dapat disematkan sehingga memungkinkan setiap user untuk menggunakan layanan tools dari pentaho tersebut.

Baca Juga : Tutorial Membuat Cryptocurrency Sendiri

Alasan Mengapa Pentaho ?

Alasan utama mengapa perusahaan memilih Pentaho untuk bisnis mereka adalah:
Pengambilan data terkontrol: Ini menggabungkan data yang terpercaya dan tepat waktu untuk proses analisis data yang kuat pada tingkatan untuk semua pengguna di semua lingkungan kerja.
Mudah untuk disematkan (Embed): Pentaho mendukung arsitektur multi-tenant, yang memungkinkan embedding analytics ke dalam berbagai aplikasi alur kerja seperti model data Cloud, mobile dan hybrid.
Kekuatan untuk mengintegrasikan: Pentaho Data Integration secara akurat mengintegrasikan dan memadukan data dari berbagai sumber, terlepas dari lingkungan penerapannya. Menyediakan fleksibilitas analisis, mengubah big data menjadi wawasan yang berharga dan memiliki value.
Alat visual interaktif dan sederhana: Dengan pentaho kita bisa melakukan drag and drop secara visual. Pentaho membuat pengguna tidak terbebani oleh pengkodean kompleks.

Pada dasarnya ada empat lapisan dalam arsitektur Pentaho:Presentation Layer :  Berisi data yang tersedia melalui pelaporan, analisis, manajemen proses, dll.Data Layer :  Digunakan untuk menghubungkan beragam database.Server Layer : Memungkinkan aplikasi berjalan di atasnyaClient Layer : Berisi dua klien

Pentaho Tutorial untuk Business Intelligence

Di dalam kumpulan pentaho tutorial ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan kita bersama dan juga kemampuan diri saya pribadi. Dikarenakan ada pepatah yang mengatakan bahwa ikatlah ilmu dengan cara menulisnya. Artinya dengan belajar dan menulisakan nya di blog bi analyst ini maka diharapkan dapat menambahkan kemampuan profesionalisme penyusun pribadi dalam hal ilmu data warehouse dan business intelligence. 
Dengan adanya pentaho tutorial ini, kita bertujuan bersama untuk melatih beragam kelompok tools business intelligence Pentaho. Dengan demikian, kita harapkan dengan adanya tutorial ini akan membiasakan Anda dengan dasar-dasar dan konsep lanjutan Pentaho. Adapun pentaho tutorial ini mencakup pengantar transformasi, yang akan membantu Anda mempelajari bagaimana mengubah data Anda menjadi kode script lainnya seperti JavaScript. Anda juga dapat belajar bagaimana mengubah set baris dan menciptakan transformasi dan job tingkat lanjut.
Pada kumpulan pentaho tutorial ini juga akan membantu Anda dalam melakukan validasi dan penanganan kesalahan data. Ini akan memberi wawasan lebih dalam untuk bekerja dengan database dan melakukan operasi lanjutan pada mereka melalui contoh real-time. Sebenarnya, setiap point pada tutorial ini jelas dan mudah dipahami bahkan oleh individu tingkat pemula.
Jika Anda bersemangat tentang pemrosesan data yang besar dan menghasilkan laporan bisnis terbaik, tutorial ini akan menyediakan panduan yang bagus untuk menavigasi Anda ke arah yang benar dan membawa Anda ke tingkat berikutnya dalam karir Anda. Meskipun demikian, jika Anda terbiasa dengan Pentaho, Anda dapat merujuk pada pentaho tutorial ini dan dengan cepat menyesuaikan konsep Pentaho Anda dan mendapatkan kesempurnaan.
Apabila anda ingin lebih tahu tentang SQL dan Database, maka ada bisa berkunjung ke situs database sql. Ada salah satu situs lagi yang membicarakan mengenai big data yang anda bisa kunjungi di situs bigdata

Pengguna Pentaho yang Direkomendasikan

  • Analis Bisnis dan developer BI
  • Ilmuwan Data / Data Scientist, Data Warehousing Programmer dan Solusi Arsitek
  • Peminat tingkat pemula dan profesional tingkat lanjut yang bercita-cita besar dalam Business Intelligence (BI) dan Data Analytics.

Prasyarat Sebelum Menggunakan Tools Pentaho

  • Mengerti tentang konsep database dan data warehouse
  • Penguasaan terhadap bahasa pemrograman seperti Java, C ++ dan dasar-dasar pemrograman berorientasi objek
  • Pengetahuan tentang Linux dan UNIX akan menjadi sangat bermanfaat ketika akan melakukan konfigurasi pentaho

Pentaho Tutorial di Situs BI Analyst

1. Pendahuluan pengetahuan Business Intelligence dan Dimensional Modeling
2. Gambaran Arsitektur Pentaho
3. Pendahuluan Mengenai Pentaho BI suite dan Jumlah Komponen di Dalamnya. (PDI / Pentaho Data Integration, Metadata Editor, Schema Work bench, Report Designer, Design Studio, CDE / Community Dashboard Editor)
4. Beragam Komponen PDI a.k.a Ketel (Spoon/ Pan / Kitchen) Penggunaan spoon / pan / kitchen.
5.Bekerja Terpusat dengan Repositori

  • Pentingnya repositori dan penggunaannya
  • Membuat repositori
  • Tiga jenis repositori dan penggunaan khusus mereka
  • Mengambil cadangan repository – Restoring repositori

6. Bekerja Dengan Transformasi

  • Membuat transformasi sederhana
  • Menyimpan transformasi ke repositori
  • Menjalankan transformasi
  • Pengantar dasar step (berbagai input, output, step transformasi)

7.Pemahaman Step

  • Berbagai Step Input
  • Berbagai Step  Output
  • Berbagai Step Transformasi
  • Menggabungkan Beberapa Transformasi
  • Kontrol aliran yang tersedia di PDI
  • Cari data di berbagai sumber
  • Prosedur Validasi Data
  • Pemetaan
  • Regular Expression 

8. Bekerja Dengan Jobs

  • Membuat job
  • Menjalankan transformasi dengan menggunakan job
  • Melewati dan mengambil data ke / dari transformasi.
  • Melakukan job bersyarat
  • Validasi pra-eksekusi dengan jobs.
  • Pengelolaan file melalui Jobs

9. Bekerja Dengan Variabel

  • Membuat dan menggunakan variabel dalam transformasi / job
  • Membuat dan menggunakan Variabel
  • Dimana kita menggunakan variabel
  • Lingkup utama variable

10. Bekerja Dengan Parameter

  • Membuat dan menggunakan parameter
  • Parameter sistem
  • Parameter yang ditetapkan pengguna

11. Penjadwalan job / transformasi
12. Lunning & debugging job dan transformasi, Menyimpan Informasi Log ke dalam tabel log
13. Implementasi SCD. Bagaimana menerapkan Dimensi yang Berubah Secara Perlahan Menggunakan Pentaho Data Integration.
14. Implementasi CDC. Bagaimana menerapkan Logic Change Data Capture menggunakan Pentaho Data Integration
15. Praktik Terbaik, Performance Tuning dan QA

Pentaho Reporting

1. Membuat koneksi sumber data (JDBC / JNDI / XML / OLAP / PDI)2. Templates Reporting3. Formatting Reports4. Membuat laporan menggunakan berbagai jenis koneksi database5. Membuat laporan menggunakan Pentaho OLAP Cube6. Charts7. Penerapan Penggunaan Rumus8. Conditional Formatting dari Row9. Conditional Formatting10. Pembuatan Parameter 11. Menggunakan Sub-Report12. Publikasikan Laporan ke Server BI13. User Level Security14. Hyperlinking Reports

Pentaho Dashboard

1. Pendahuluan Tentang Pentaho BI Server dan Pentaho Enterprise Server2. Membuat DATASOURCE di BI Server3. Membuat Dasboard Pentaho Sederhana menggunakan Community Dashboard Editor.4. Membuat drill down dashboard5. Praktik Terbaik

Pentaho OLAP / Schema Workbench

1. Mulailah dengan Schema Workbench2. Tambahkan Sumber Data3. Hapus Sumber Data Mondrian4. Buat Skema Mondrian5. Edit Skema6. Tambahkan Kelompok Bisnis7. Tambahkan Deskripsi Lapangan8. Buat Skema dan Deteksi Kesalahan9. Adaptasikan Mondrian Schemas untuk Bekerja dengan Pentaho Analyzer10. Lokalisasi dan Internasionalisasi Skema Analisis

2. Tambahkan Sumber Data3. Hapus Sumber Data Mondrian4. Buat Skema Mondrian5. Edit Skema6. Tambahkan Kelompok Bisnis7. Tambahkan Deskripsi Lapangan8. Buat Skema dan Deteksi Kesalahan9. Adaptasikan Mondrian Schemas untuk Bekerja dengan Pentaho Analyzer10. Lokalisasi dan Internasionalisasi Skema Analisis

Semoga Kesemua point tentang pentaho tutorial di atas dapat membantu anda dalam melakukan pembelajaran tools pentaho

SUMBER

Share Is Cool