OnePlus 8T Concept Punya Panel Belakang yang Bisa Berganti Warna Sesuai Pola Pernafasan

JS NEWS – Tampilannya lebih manis sekaligus dapat berperan sebagai alat untuk memonitor biofeedback

Januari lalu, OnePlus memperkenalkan konsep smartphone pertamanya, yakni OnePlus Concept One yang dibekali kamera belakang yang bisa ‘menghilang’. Di penghujung 2020 ini, OnePlus rupanya masih punya satu lagi konsep smartphone yang tidak kalah menarik.

Dijuluki OnePlus 8T Concept, perangkat ini secara mendasar identik dengan OnePlus 8T yang dirilis di bulan Oktober lalu. Namun seperti yang bisa kita lihat, bagian belakangnya tampak berbeda, dan di sinilah letak inovasi yang ingin OnePlus demonstrasikan.

Corak unik tersebut dapat berganti warna antara abu-abu atau biru, dan rahasianya terletak pada lapisan film yang berisikan metal oxide di balik panel kaca belakangnya. Ketika dialiri tegangan listrik dalam jumlah yang berbeda, ion-ion logam di dalamnya akan aktif dan warnanya pun berubah.

Apa gunanya? Yang paling sederhana tentu saja adalah sebagai indikator notifikasi, di mana bagian belakangnya bakal berganti warna ketika ada panggilan telepon masuk. Yang lebih kompleks adalah sebagai perangkat biofeedback untuk memonitor laju pernafasan seseorang, dan ini dapat dicapai berkat modul radar mmWave yang tertanam di tonjolan kamera belakangnya.https://www.youtube.com/embed/UNDF-s5Cdks

mmWave? Ya, teknologinya mirip seperti yang digunakan pada jaringan 5G mmWave, akan tetapi fungsinya di sini adalah untuk “merasakan, membayangkan, mencari, dan melacak objek” dengan mentransmisikan dan menerima gelombang elektromagnetis. Pada praktiknya, ada banyak yang dapat dibaca oleh modul radar ini; bukan hanya gerakan tangan (gesture) saja, tapi juga laju pernafasan, dan bagian belakangnya tadi dapat berganti warna sesuai dengan pola pernafasan yang ditangkap.

Seperti halnya OnePlus Concept One, sejauh ini OnePlus sama sekali belum menyinggung soal rencananya memproduksi massal 8T Concept. Lewat kedua konsep smartphone ini, OnePlus pada dasarnya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa inovasi yang sepintas hanya terkesan baik untuk aspek estetika sebenarnya juga punya nilai fungsional yang menarik.

Baca Juga

Pada OnePlus Concept misalnya, lapisan kaca electrochromic yang dapat memburam itu tak hanya berguna untuk menyembunyikan kamera saja, tapi sekaligus menjadi ND filter ketika dibutuhkan. Lalu pada OnePlus 8T Concept, panel belakang yang dapat berganti warna tadi rupanya juga dapat menjadi alat bantu medis ketika ditandemkan dengan teknologi radar mmWave.

SUMBER

Share Is Cool