Nintendo Langka Menjadi Game Termahal di Dunia

JS NEWS Sebuah katrid game berjudul “Nintendo World Championship” laku terjual dengan harga 99.902 dollar AS atau sekitar Rp 1,2 miliar di balai lelang online eBay.Dengan banderol tersebut, game untuk konsol jadul Nintendo ini telah dinobatkan menjadi video game yang paling mahal di dunia saat ini.

Kartrid tersebut dijual oleh seorang pengguna eBay dengan nama samaran Muresan. Ia mengaku, mendapatkan game tersebut antara tahun 2004 dan 2005 lalu.

Kondisi dari kartrid ini sebenarnya sudah tidak terlalu baik. Tempelan stiker yang berisikan judul dari game tesebut sudah robek. Sebagai gantinya, sang pemilik katrid ini menuliskan kata “Mario” dengan menggunakan pulpen di tempat bekas label tersebut.

Seperti dikutip dari IBTimes, Senin (27/1/2014), Nintendo World Championship ini sendiri sebenarnya masuk ke kategori sangat langka. Nintendo memproduksi game tersebut dalam jumlah yang sangat terbatas.

Perusahaan asal Jepang itu hanya menghadirkan game ini sebagai hadiah untuk kompetisi regional di Amerika Serikat. Variasinya pun diketahui hanya ada dua, yaitu katrid dalam warna abu-abu dan emas. Kedua jenis katrid ini sama-sama terdiri dari tiga game, yaitu “Super Mario Bros”, “Rad Racer”, dan “Tetris”.

Jumlah game Nintendo World Championship dalam warna abu-abu diketahui hanya ada 90 unit. Sementara, katrid game dalam balutan warna emas diketahui berjumlah hanya 26 unit saja.

Mencurigakan

Besarnya kocek yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan kartrid tersebut mengundang kecurigaan dari pembaca situs game Kotaku. Kebanyakan berpendapat bahwa sedikit mustahil kartrid Nintendo World Championship bisa mencapai harga Rp 1,2 miliar AS. Mereka menuduh, tawaran pada proses lelang sudah dimanipulasi untuk mendorong harga.

Para pembaca membandingkan kartrid game yang dijual oleh Muresan dengan kartrid lain berjudul sama. Dengan kondisi yang lebih baik, katrid game Nintendo World Championship versi abu-abu hanya terjual dengan harga 8.000 dollar AS. Sementara, versi emasnya pun hanya laku terjual 15.000 dollar AS.

Menurut pengamatan KompasTekno, meningkatnya harga tawaran kartrid yang satu ini memang meningkat sangat jauh dari hari pertama ditawarkan.

Awalnya, Muresan membuka harga di angka 4.999 dollar AS pada 19 Januari lalu. Kemudian, tawaran pertama mulai masuk dengan harga 5.050 dollar AS pada 24 Januari dan meningkat hingga 60.199 dollar AS di penghujung hari.

Anehnya, penawar tersebut didominasi oleh dua pengguna yang sama.

Di luar mencurigakannya penjualan ini, Nintendo World Championship telah masuk ke kategori video game termahal di dunia. Ia menemani judul-judul game lain, seperti “Stadium Events” dan “The Legend of Zelda”. Masing-masing pernah terjual dengan harga 75.000 dollar AS dan 55.000 dollar AS.

sumber : kompas.com

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *