Nih! Tips Bikin Film Profesional Pakai Smartphone ala Dian Sastro

JS NEWS – Sutradara kawakan Indonesia, Angga Dwimas Sasongko baru-baru ini meluncurkan film pendek yang direkam sepenuhnya dengan smartphone. Film pendek berjudul “Konfabulasi” tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Samsung Indonesia.

Bintang filmnya pun tak main-main, ada Dian Sastrowardoyo, Reza Rahadian, Putri Ayudya, Ozkan, hingga Sheila Dara. Berkat pengalaman pertamanya membuat film pendek pakai smartphone ini, Angga membagikan beberapa tips dan trik agar sineas muda bisa ikutan membuat film dengan smartphone miliknya.

Misalnya, saat pembuatan film Konfabulasi, Angga menggunakan ponsel Samsung Galaxy S21 Ultra. Menurut Angga, ponsel tersebut sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih untuk menghasilkan film layaknya profesional. Misalnya fitur director’s view.

baca juga : DOWNLOAD WATTPAD

Sebagaimana diketahui, Dian juga pernah menjadi sutradara dalam sejumlah film. Menurut Dian, salah satu masalah yang sering dialami oleh pembuat film pemula ialah kekurangan stok adegan saat proses editing.Dian menganjurkan, setiap film maker untuk membuat story board, sekalipun film itu dibuat menggunakan smartphone. Kalau dirasa terlalu ribet, Dian mengatakan, pembuat film bisa menggunakan photo board, atau rangkaian foto yang memperlihatkan gambaran kasar dari cerita yang ingin difilmkan.

Soal proses shooting, Angga punya beberapa tips berkat pengalamannya menggarap film Konfabulasi dengan smartphone Galaxy S21 Ultra ini. Pertama soal pengambilan gambar bergerak. Menurutnya, penting untuk pembuat film untuk menggunakan ponsel yang memiliki fitur penstabilan gambar.

“Tapi sebenarnya pengambilan gambar bergerak intinya adalah kestabilan dari yang memang memegang device-nya ini. Baru si manusianya ini didukung dengan fitur penstabilan yang ada pada device tersebut,” ungkap Angga.

Bila butuh mengambil adegan di kondisi cahaya minim, Angga menyarankan untuk menggunakan lokasi shooting yang masih bisa ditangkap oleh kamera smartphone di rentang ISO 800-1200.

Dengan begitu, noise pada gambar bisa ditekan dan ketajaman gambar masih bisa dijaga. Pendekatan ini pula yang dipakai Angga ketika mengambil adegan-adegan dengan kondisi cahaya minim di film pendek Konfabulasi.

SUMBER

Share Is Cool