Menhub Dorong Pemberian Susidi Tol laut untuk UKM

JS NEWS – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para operator baik Pelindo-IV, Pelni pihak stakeholder untuk mendukung kegiatan tol laut demi kepentingan rakyat banyak, salah satunya memberikan subsidi pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) untuk bisa memanfaatkan pengiriman barangnya melalui kapal tol laut.

Budi meminta Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo untuk mengkoordinasikan hal tersebut dengan para operator.Dengan demikian para pelaku UMKM memanfaatkan fasilitas  tol laut untuk meningkatkan eksistensi dan daya saing produk/barang UMKM.

“Saat ini Sebagian besar pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM. Kalau kita bisa fasilitasi dengan baik, daya saing mereka akan bertambah karena subsidi [tol laut] diterima langsung oleh saudara kita para pelaku UMKM,” katanya.

Baca Juga : Asus Ungkap Tanggal Peluncuran Zenfone 8, Kapan?

Dia juga berharap kapal tol laut tidak dimonopoli suatu perusahaan tertentu, sehingga para pelaku UMKM yang sesungguhnya membutuhkan subsidi dari program tol laut tidak mendapatkan subsidi.

“Artinya di dalam satu kontainer 20 ton itu, bisa dikumpulkan beberapa barang dari para pelaku UMKM,” kata Budi.

Sejak mulai jalan pada 2015, rute tol laut tadinya hanya memiliki 2 trayek. Jumlahnya meningkat jadi 6 trayek pada 2016, dan bertambah jadi 13 trayek baru pada 2017.

Kemudian di 2018 bertambah lagi 18 trayek, 20 trayek pada 2019, dan 26 trayek di 2020. Penambahan jumlah trayek tersebut selalu diiringi dengan penambahan jumlah pelabuhan dan kapal.

SUMBER

Share Is Cool