Memanfaatkan Trello untuk Task Management

JS NEWS – Dari judul artikel ini kita sudah tau bahwa tools yang akan kita bahas adalah Trello. Tapi yang jadi pertanyaan bagi sebagian orang adalah, Apa sih trello itu ?

Berdasarkan apa yang saya rasakan, Trello itu merupakan salah satu tools kolaborasi yang berfungsi untuk managemen pekerjaan (Task Management) yang bisa diakses melalui internet baik dari Android, iOS ataupun Web.

Saat ini, Trello merupakan tools task management yang sangat populer dan banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti redhat, Adobe, PIXAR, Google, KickStarter dan perusahaan yang saya tempati sekarang.

Kalau saya sendiri, mengenal trello sejak tahun 2014 waktu ikut jadi developer “jadi-jadian” di TealinuxOS Dinus Open Source Community, tapi waktu itu saya belum bener-bener memenfaatkanya dengan baik.

Fitur Trello ?

Secara default, Anda akan mendapatkan fitur Trello's Board yang bisa kamu isi dengan list dan card.

  • Board itu nama proyek yang kamu kerjakan.
  • List itu daftar pekerjaan yang berisi berbagai card.
  • Card itu detail/poin pekerjaan didalam list.
Trello Board IT FLS 2017

Trello Board IT FLS 2017

Nah dari gambar diatas itu merupakan penggunaan Treelo dengan board IT FLS 2017, terdiri dari 5 list dan tentunya banyak diisi dengan card.

Nah yang keren dari trello adalah selain mudah dalam mengundang orang untuk berkolaborasi dalam Board kita adalah fitur pada setiap cardnya, seperti checklistdue date dan berbagai add on yang bisa kamu nikmati secara gratis*.

Bagaimana Memanfaatkan Trello agar lebih Produktif ?

Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan Trello agar kerja kamu jauh lebih produktif.

Atur List Kamu

Memang tidak ada aturan khusus dalam memanfaatkan Trello tetapi berdasarkan beberapa organisasi maupun komunitas yang saya ikut didalamanya, rata – rata membaginya dalam 3 list yaitu To Do, Doing, Done. Baru setelah itu penambahan list sesuai dengan proyek yang dikerjakan.
Paham kan maksud dari 3 kata tersebut ? 😀

Manfaatkan Label

trello-label

trello-label

Trello menyediakan custom label yang sangat mudah, atur nama label kamu dan pastikan setiap card yang kamu buat masuk dalam label itu. Hal ini akan mempermudah kamu dalam sorting (pencarian) ketika jumlah card dalam board banyak.

Add Member disetiap Card

trello-member

trello-member

Disetiap card yang kamu buat, pastikan di suscribe ke member yang bersangkutan/bertanggung jawab. Jadi ketika ada perubahan atau update mengenai card tersebut, orang tersebut akan menerima notif melalui email yang dikirimkan Trello

Manfaatkan Fitur Due Date (Deadline)

trello-testing

trello-testing

Tau sendiri kan kalau kerja tanpa deadline itu seperti apa ? oleh karena itu perlu manfaatkan fitur ini agar si Member dalam card tersebut diingkat deadlinenya secara otomatis oleh sistem trello.

BACA JUGA : Download ASANA : Aplikasi Keren Untuk Manajemen Proyek Tim Anda

Gunakan Checklist

trello-checklist

trello-checklist

Ketika pekerjaan dipecah menjadi bagian kecil – kecil, maka pekerjaan akan terlihat lebih mudah dikerjakan dan kita lebih tau kapan selesainya. Nah, fitur checklist ini sangat berguna untuk memecah pekerjaan dalam card kamu.

Manfaatkan Add On Gratis

trello-addon

trello-addon

Trello memiliki banyak sekali Add On terintegrasi dengan Third Party/Pihak Ketiga. Dan itu semua bisa kamu nikmati secara gratis dengan satu syarat, jika kamu ingin gratis, maka hanya boleh menggunakan satu add on saja. Jika kamu ingin menggunakan lebih, maka kamu harus membayar.

Kalau saya, biasanya memanfaatkan add on calendar karena dalam visualisasi timeline lebih baik.

Tambahkan 1 – 3 List Tambahan

Karena ilmu yang saya dalami dalam software engineering, biasanya perlu 3 list lagi yaitu Documentation, Bug dan Future Update. Nah kalau kamu ? tambahkan list yang memang beda ya dari 3 list pertama tadi untuk menjang produktifitas kamu.

BACA JUGA : Pentaho Tutorial untuk Business Intelligence

Integrasikan dengan Telegram / Slack

trello-integration

trello-integration

Enaknya Trello yaitu bot untuk notifikasi di messanger kamu sudah ada yang develop, jadi kamu tinggal gunakan saja di Telegeram/Slack.

Manfaatkan Fitur Trello Widget di Android/iOS

Trello Widget

Trello Widget

Dan supaya lebih mudah dalam melihat dan mengolah deadline card kita di board Trello, maka memanfaatkan Trello Widget adalah solusinya, dengan cara mendownload aplikasi Trello di Playstore(Android) atau Appstore (iOS).

Nah bagaimana tertarik untuk mencoba beberapa tips diatas untuk memanfaatkan Trello menjadi lebih produktif, Download Trello DISINI

SUMBER

Share Is Cool