Melirik Fitur Fingerprint Canggih di Smartphone Samsung S10 Series

JS NEWS – Seperti kita ketahui, hampir sebagian besar smartphone masa kini telah dibekali dengan fitur keamanan yang canggih seperti fingerprint scanner(pemindai jari) dan face lock (pemindai wajah).

Dengan fitur teknologi keamanan ini, pengguna menjadi lebih mudah dan cepat ketika ingin mengakses menu utama yang ada di smartphone-nya.

Nah, berbicara mengenai fitur keamanan canggih di smartphone, untuk fingerprint sendiri kini sudah ada inovasi terbarunya loh.

Inovasi dari fitur ini disebut in-display fingerprint scanner (pemindai sidik jari di layar). Berbeda dengan fingerprint berbasis optik (yang biasanya terletak di belakang smartphone), fitur ini bekerja berkat sensor yang ditanam di dalam layar smartphone.

Oh ya, bahkan yang terbarunya fitur ini juga sudah ada menggunakan sensor dengan teknologi ultrasonic 3D. Hebat bukan?

Untuk fitur fingerprint dengan teknologi ultrasonic, fitur ini bekerja dengan cara memantulkan gelombang suara dari permukaan kulit jari pengguna ke layar smartphone.

Boleh dibilang, teknologi sensor ini mirip seperti alat pencitraan ultrasoundyang biasa dipakai di banyak rumah rumah sakit.

Fitur keamanan terbaru ini pun diklaim lebih aman, mudah, dan cepat. Pasalnya, sensor ultrasonic mampu membaca permukaan kulit pengguna smartphone dalam bentuk 3D, tidak sebatas bentuk 2D yang hanya bisa dilakukan fitur fingerprint berbasis optik.

Menjadi yang Pertama

Sebelumnya kita sudah membahas sedikit mengenai fitur in-display fingerprint scanner dengan teknologi ultrasonic 3D. Lantas, apakah sudah ada smartphone yang memiliki fitur demikian? Jawabannya ya.

Saat ini, smartphone yang sudah memiliki keamanan canggih tersebut adalah Samsung S10 Series yaitu Galaxy 10 dan Galaxy S10+. Sedangkanuntuk Galaxy S10e, fitur fingerprint terletak di sisi kiri smartphone ini.

Yang menariknya, Samsung merupakan pabrikan smartphone pertama yang menggunakan fitur ini yang langsung diimplementasikan pada varian smartphone kelas flagship besutannya.

Untuk fitur keamanan canggih ini sendiri, Samsung menyebutnya dengan fitur ultrasonic fingerprint scanner.

Samsung mengklaim sensor pada fitur ini sangat akurat dan cepat. Bahkan ketika jari dalam kondisi basah sekalipun, fitur ini dapat bekerja untuk membuka kunci smartphone Samsung 10 dan S10+ milik penggunanya.

Akurasi fitur fingerprint ini pun menghasilkan keamanan yang lebih baik untuk mencegah orang-orang yang tak berhak ketika ingin mencoba akses smartphone canggih ini.

Sekadar informasi, fitur keamanan canggih ini merupakan salah satu dari sekian fitur keren yang dimiliki Samsung S10 Series.

Sumber

Share Is Cool