MediaTek Umumkan MT9638, Cip Terbaru untuk Smart TV yang Dilengkapi AI


JS NEWS – MediaTek hari ini mengumumkan secara global mengenai cip terbarunya untuk smart TV alias TV pintar. Disebut dengan MT9638, cip MediaTek tersebut mengedepankan AI (artificial intelligence). Pasalnya, MediaTek menyebutkan MT9638 mengandung APU (AI processing unit) yang memiliki kinerja tinggi. Dengan APU tersebut, MediaTek mengklaim MT9638 memiliki fitur seperti resolusi super AI, kualitas gambar AI, dan asisten suara AI. Selain itu, MediaTek menambahkan pula MT9638 memiliki aneka fitur lain semacam VRR (variable refresh rate) dan MEMC (motion estimation and motion compensation). Alhasil, MediaTek meyakini MT9638 mampu membuat smart TV yang menggunakannya kompetitif. MediaTek MT9638 pun sudah mendukung 4K, HDR10+, local dimming, HDMI 2.1, Wi-Fi 6, USB 3.0, dan far field microphone.ADVERTISING 

“Ketika peralatan rumah tangga pintar menjadi semakin canggih dan beragam, TV pintar menjadi pusat baru bagi rumah pintar karena para konsumen memanfaatkan fitur multimedia yang didukung AI untuk mengontrol semua perangkat mereka langsung dari TV pintar mereka,” ungkap Alex Chen (General Manager of the TV Business Unit, MediaTek). “Chip MT9638 baru ini meneruskan perjalanan kami sebagai penyedia chip No. 1 untuk TV pintar, memberikan pengalaman AI, multimedia, game, dan hiburan yang luar biasa kepada para konsumen dengan kualitas teater 4K,” tambahnya.

Berkat kualitas gambar AI, MediaTek menyebutkan MT9638 bisa menampilkan konten dengan pengenalan adegan yang secara secara real-time dan otomatis menyesuaikan saturasi warna, kecerahan, ketajaman, kompensasi gerakan dinamis, dan pengurangan derau untuk meningkatkan kualitas gambar smart TV secara keseluruhan. Resolusi super AI dari MediaTek plus MEMC, bisa pula meningkatkan resolusi konten melalui penggabungan multiframe untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas pada smart TV dibandingkan resolusi konten yang sebenarnya.

Baca Juga : Samsung Luncurkan Chipset 5 nm Pertamanya, Exynos 1080

Sementara, VRR memungkinkan smart TV untuk menyesuaikan refresh rate-nya dengan frame rate dari konten yang ditampilkan. Alhasil, konten yang ditampilkan bisa tampil lebih mulus. Bagi pemain gim di PC, VRR tentunya bermanfaat untuk mengurangi tearing dan stuttering pada tampilan ketiga bermain gim. Adapun asisten suara AI membuat smart TV bisa diperintah melalui suara oleh pengguna.

Ketersediaan smart TV 4K yang menggunakan MT9638 di pasar dunia diharapkan MediaTek mulai pada kuartal kedua tahun 2021 ini. Namun, MediaTek tidak menyebutkan secara spesifik prediksinya untuk Indonesia.

SUMBER

Share Is Cool