Mbizmarket: Jadi solusi pengadaan barang dan jasa

JS NEWS- Belanja barang maupun jasa dalam bisnis menimbulkan banyak tantangan. Betapa tidak, pebisnis baik skala usaha kecil, menengah hingga pebisnis besar harus berupaya mencari barang maupun jasa dengan harga murah, tapi kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan.

Ini tak mudah lantaran banyak penjual selalu menawarkan barang dagangannya semenarik mungkin. Ini pula yang ditangkap Mbizmarket. Mbizmarket menyediakanplatform pengadaan barang dan jasa secara online.

Menawarkan platform business to business (B2B)Mbizmarket menawarkan proses pengadaan barang dan jasa secara elektronik alias e-procurement. Mbizmarket mengaku sudah terintegrasi dengan solusi total e-procurement lengkap. Makanya, Mbiz mengklaim bisa dimanfaatkan oleh perusahaan kecil hingga perusahaan besar dari beragam industri.

BACA JUGA : Indonesia Butuh 650 Ribu ‘Digital Talent’ Setiap Tahun

Chief Executive Officer Rizal Paramarta mengatakan, Mbizmarket juga bisa menjadi solusi e-procurement bagi UMKM. Ada tiga penawaran bagi UMKM, pertama, proses pengadaan melalui platform Mbizmarket secara digital.

Kedua, membantu para UMKM yang bergabung untuk mendapatkan channelpenjualan dan pengalaman ke pelanggan Mbiz baik korporasi kecil maupun besar.

Ketiga, memberikan total e-procurement sebagai solusi yang dapat diandalkan oleh berbagai perusahaan.”Kami juga membantu akses UMKM ke perusahan besar,” ujar Rizal, Senin (22/4). Saat ini, Mbiz juga sudah bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan untuk pemberdayaan UMKM.

Rizal mengklaim Mbizmarket sudah menggandeng ratusan UMKM untuk bergabung dalam platform ini. Ada beberapa keunggulan platform yakni memunculkan perbandingan harga dari berbagai vendor dalam satu halaman secara real time.

Mbizmarket juga menyediakan kontrak manajemen atau perjanjian ketentuan pembayaran antara penjual dan pembeli. Selain itu, melalui platform ini, antara penjual dan pembeli juga bisa bernegosiasi. “Perusahaan A dapat langsung bernegosiasi harga dan garansi langsung dengan vendor. Misalnya ingin mengambil 3.000 laptop di harga sekian dan garansi berapa lama,” tambahnya.

Saat ini, Mbizmarket menawarkan ragam barang. Mulai dari produk-produk agrikultur, pakaian, tekstil hingga aksesoris, produk-produk IT, perlengkapan kantor, hingga produk kesehatan dan kecantikan. Mbizmarket juga menawarkan berbagai jasa, mulai dari rental kendaraan, jasa pemasang iklan, hingga jasa alihdaya sumber daya manusia (SDM), meliputi tenaga keamanan, spesialis, costumer servicesales promotion girl alias SPG, hingga petugas kebersihan.

Dengan ketersediaan produk tersebut, Mbizmarket juga menyediakan solusi pengantaran ke seluruh wilayah Indonesia. Menurut Rizal, saat ini sampai beberapa tahun ke depan pihaknya belum mengenakan komisi maupun fee transaksi bagi UMKM yang akam bergabung dengan Mbizmarket. Makanya, ia berharap Mbizmarket akan melampaui target yang lebih besar dari produk pertamanya yakni Mbiz.co.id.

Rencananya, Mbizmarket bakal mencari pendanaan di akhir tahun 2019 nanti untuk pengembangan platform pengadaan agar berkembang lebih cepat.

SUMBER

Share Is Cool