Mau Belajar Programming? Mulai dengan Python. Mudah dan Populer

JS NEWS- Jika saat ini Anda berniat mempelajari programming, sebaiknya mulai dengan belajar bahasa programming Python. Pasalnya dalam empat tahun mendatang, Python diramalkan akan menjadi bahasa programming paling populer, mengalahkan Java dan C.

Hal tersebut diungkapkan Tiobe, perusahaan software quality yang mengeluarkan Tiobe Index. Melalui indeks ini, Tiobe menghitung popularitas seratus bahasa pemrograman berdasarkan jumlah pencarian di Google Search. Dari kalkulasi tersebut, Tiobe melakukan pemeringkatan bahasa pemrograman paling populer tiap bulannya.

Untuk bulan Juni ini, Java dan C masih menduduki peringkat pertama dan kedua. Python menduduki urutan ketiga dengan nilai 8,53%. Namun jika dibandingkan tahun lalu, Python mencatat kenaikan sebesar 2,77% atau tertinggi dibanding bahasa pemrograman lain.

Jika popularitas Python terus naik seperti saat ini, dalam empat tahun ke depan, Python akan menggeser Java dari urutan pertama.

Baca Juga : Pentaho Tutorial untuk Business Intelligence

Ada alasan tersendiri mengapa Python kian populer di mata programmer. Yang utama adalah Python relatif lebih mudah dipelajari. Bahasa pemrograman Java relatif sulit karena programmer harus paham mengenai classes, static methods, dan packages. Bahasa pemrograman C sedikit lebih mudah, namun programmer harus memahami soal memory management.

Sementara di Python, semua kesulitan tersebut bisa diatasi dengan kode satu baris saja. Karena pendekatan yang simpel, Python pun lebih populer di mata programmer pemula.

Meski simpel, Python telah banyak digunakan di perusahaan teknologi global. Contohnya Google. Pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page, sejak awal memiliki semboyan “Python where we can, C++ where we must”. Python adalah satu dari empat bahasa pemrograman resmi Google, selain C++, Java, dan Go.

Contoh lain adalah Instagram. “Kami memilih Python karena kemudahan dan kepraktisannya, yang sesuai filosofi Instagram ‘do the simple thing first’” ungkap Min Ni, software engineer di Instagram. Saat ini, Instagram menggunakan web framework Django yang ditulis dengan Python.

Selain Google dan Instagram, perusahaan global yang memanfaatkan Python adalah Facebook, Spotify, Netflix, sampai Dropbox. Jadi jika Anda tertarik belajar bahasa programming, mulailah dari Python. Mudah, populer, dan banyak digunakan perusahaan teknologi global.

Sumber

Share Is Cool