Makin Canggih, AI Bisa Prediksi Wajah Manusia Hanya dengan Suara Saja

JS NEWS- Teknologi AI (Artificial Intelligence) terus mengalami perkembangan dan semakin memainkan peran penting dalam kehidupan manusia saat ini.

Mulai dari kehadiran seperti chatbot, kemampuan dalam membantu dokter ketika mendiagnosa suatu penyakit, hingga smartphone masa kini yang banyak membenamkan teknologi ini, merupakan contoh dari penerapan teknologi AI.

Berbicara mengenai teknologi AI, kabar terbarunya sekelompok peneliti di MIT (Massachusetts Institute of Technology) berhasil mengembangkan sebuah teknologi AI baru.

Dilansir dari Ubergizmo (11/06/19), para peneliti ini berhasil mengembangkan algoritma yang mampu memprediksi dan menghasilkan potret wajah seorang manusia dengan hanya berdasarkan dari sebuah suara saja.

Nah, kesuksesan hasil penelitian ini diterbitkan oleh para peneliti ini dalam sebuah makalah yang berjudul Speech2Face: Learning the Face Behind a Voice.

Menurut informasi, untuk bisa melakukan tindakan ini, para peneliti melatih AI ini dengan cara mengumpankannya dengan sekitar lebih dari 100.000 klip video dengan berbagai suara manusia dari situs YouTube.

Selanjutnya, kumpulan dataset suara yang telah diterima akan diolah satu persatu dengan AI ini dan nantinya akan muncul hasil potret wajah manusia yang sesuai dengan masing-masing suara tersebut.

Baca Juga: Mengupas Upaya Gringgo Menyediakan Solusi Pengelolaan Sampah Berbekal AI

Lebih lanjut, para peneliti ini mengungkapkan adanya kemungkinan bahwa hasil prediksi tidak selalu 100% akurat alias wajah yang dihasilkan tidak sama persis dengan pemilik suara aslinya.

Meski demikian, teknologi ini mampu menghasilkan ekspresi wajah seseorang dengan jenis kelamin, ras, dan usia yang cukup akurat.

Jadi, kira-kira apa ya kegunaan AI ini nantinya? Menurut para peneliti, teknologi yang mereka kembangkan ini bisa banyak dimanfaatkan.

Salah satu contohnya, yakni seperti memungkinkan seseorang untuk mengetahui siapa sosok lawan bicaranya ketika melakukan panggilan via telepon.

Sumber

Share Is Cool