Madhang.id – Layanan Pemesanan Makanan Bercita Rasa Rumahan

JS NEWS- Di tengah popularitas makanan kekinian dan cepat saji, masakan rumahan masih punya daya tarik sendiri. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Pada Desember 2017, lalu ia dan Maulana Bayu Samudra meluncurkan sebuah aplikasi pemesanan makanan yang diberi nama Madhang.id. “Madhang” sendiri dalam bahasa Jawa berarti “makan”.

Madhang.id merupakan ide dari Maulana Bayu Samudra, seorang lulusan Teknik Informatika dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Ia pernah meraih juara 3 di ajang Creativepreneur Festival 2016. Pada Juni 2017 lalu, ia bersama tiga orang kawannya membuat purwarupa untuk pertama kalinya.

Bayu dan kawan-kawan pada awalnya hanya ingin meminta Kaesang menjadi brand ambassador. Namun, lebih dari sekadar bersedia, Kaesang justru berminat untuk ikut mengembangkan aplikasi kuliner ini.

Baca Juga : Dampak Program Inkubator bagi Perkembangan Startup Tahap Awal di Indonesia

Kaesang kemudian menjadi investor sekaligus co-founder, serta CMO dari layanan asal Semarang ini. Bayu bertanggungjawab sebagai CEO dan juga pengembang aplikasi Madhang.id yang berada di bawah naungan badan usaha PT Madhang Sak Indonesia.

“Terinspirasinya karena lebih ingin mengangkat produk-produk rumahan. Banyak produk rumahan belum terkenal dan kurang pasar karena banyak orang-orang yang enggak tahu produk mereka. Selain itu yang lebih utama adalah ingin memberdayakan ibu-ibu rumah tangga agar bisa berbisnis.”

Madhang.id ingin memfokuskan layanan dalam menyediakan menu-menu makanan yang diolah di industri kecil berskala rumah tangga. Dengan konsep membawa cita rasa dan resep dapur rumah tangga, mereka berharap dapat menjadi andalan bagi masyarakat yang tinggal jauh dari keluarga.

Memberi penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga

Misi yang dibawa oleh Madhang.id tak hanya sebagai marketplace saja, namun juga ingin memberdayakan para ibu rumah tangga dengan meningkatkan taraf ekonomi mereka. Para ibu rumah tangga yang tidak memiliki kios dan berjualan hanya di lingkungan rumah menjadi target utamanya.

Dengan memberikan lapak atau warung virtual, aplikasi ini juga membuka peluang bagi usaha kecil mikro lainnya yang telah berdagang sebagai PKL dan warung rumahan agar dapat dikenal lebih luas. Selain itu, Madhang.id juga memberikan pengembangan usaha berupa pelatihan kepada mitra yang sebagian besar merupakan wanita.

“Kita ingin membantu ibu-ibu rumah tangga yang memang enggak punya skill apa-apa … di situ kita akan membantu mereka untuk berkembang, khususnya di bidang kuliner.” Maulana Bayu Samudra, CEO Madhang.id

Bayu dan tim sedang menggodok sebuah program baru yang tidak hanya berorientasi pada bisnis, namun juga memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga menjadi lebih mandiri dan berkelanjutan.

Baca Juga : Mandiri Capital Sediakan Rp 40 Miliar untuk Modal Startup

Layanan pre-order dan katering jadi satu

Selain masih baru, aplikasi Madhang.id mencoba memberikan pilihan membeli makanan yang bervariasi. Jika aplikasi layanan antar makanan lain mengedepankan kecepatan waktu pengantaran, Madhang.id menyediakan layanan pre-order, hari ini, dan katering.

Dengan sederet fitur ini, pembeli dapat menyesuaikan kapan makanan yang dipesan akan diterima. Cara mendapatkannya pun juga beragam, mulai dari ambil di tempat, cash on delivery (COD), atau dikirim seketika menggunakan jasa kurir.

Tak mau melewatkan peluang, Grab sebagai salah satu pemain di sektor yang sama juga ikut menjalin kerja sama. Secara resmi Grab dan Madhang.id menandatangani kesepakatan kerjasama dalam pengantaran makanan atau kurir sejak Januari 2018.

Madhang.id sebagai pemain baru justru tidak melihat Grab Indonesia sebagai kompetitor, namun sebagai rekan dalam mengembangkan infrastruktur digital, infrastruktur pengantaran makanan, promosi program rewards dan layanan Grab for Business.

“(Kami) mendukung perusahaan rintisan atau startup lokal yang berfokus pada industri layanan mobile dan teknologi, dengan penekanan layanan di kota-kota kecil dan komunitas yang belum merasakan manfaat dari ekonomi digital,” jelas Ridzki Kramadibrata selaku President of Grab Indonesia.

Grab melihat kerja sama ini juga mendukung dan membawa peluang pada ekonomi digital untuk kelas ekonomi menengah di perkotaan dan pedesaan. Hal ini selaras dengan apa yang telah Grab lakukan untuk sembilan juta wirausaha mikro di Asia Tenggara.

Melalui kemitraan dengan Grab, Madhang.id akan mendapatkan manfaat dalam pembuatan dan pengaktifan penanda lokasi digital untuk setiap mitra. Pengaktifan slot digital yang bisa dimanfaatkan mitra memungkinkan pelanggan menikmati layanan pesan antar melalui fitur GrabExpress.

Madhang id dan OVO | Banner
Madhang.id dan OVO bekerja sama untuk menyediakan opsi pembayaran.

Sebagai sistem pembayaran, Madhang.id menyiapkan fitur kekinian yang diberi nama Madhangpay. Para Madhangers, atau sebutan bagi pengguna aplikasi tersebut, dapat melakukan pembayaran secara online dengan dompet virtual Madhangpay yang disiapkan.

Tak hanya itu, pada Januari 2019 lalu Madhang.id juga meresmikan kerja sama dengan OVO agar pengguna bisa memiliki beragam pilihan bertransaksi. Madhang.id juga bekerja sama dengan Paytren untuk menggaet para ibu-ibu agar bergabung menjadi mitra.

Berencana melebarkan sayap ke seluruh nusantara

Dalam kurun dua bulan sejak diluncurkan, layanan ini telah mampu menggaet sekitar seribu mitra dari seluruh Indonesia terutama daerah Jawa dan Bali. Hingga 2019, mereka mengklaim telah memiliki sekitar 60.000 lebih pengguna aplikasi dari seluruh Indonesia.

Modal awal Madhang.id dikumpulkan dengan cara patungan dan mengandalkan angel investor. Bayu mengatakan bahwa Madhang.id masih mencari investor dalam pendanaan aplikasi ini. Ia juga mengaku bahwa timnya sedang mempersiapkan konsep baru yang akan diluncurkan di Jakarta sekitar Juli 2019.

Dengan membawa jargon “your local food heroes”, Bayu dan Kaesang berharap aplikasi yang baru diluncurkan di Kota Semarang ini mampu berkembang dan menjangkau seluruh kota besar di Indonesia, dengan menghadirkan masakan rumahan terbaik untuk para pelanggan di seluruh tanah air.

SUMBER

Share Is Cool