LG Tambah Lini TWS-nya dengan TONE Free FP9 dan TONE Free FP8


JS NEWS – LG Electronics hari ini mengumumkan produk terbaru dari lini TWS-nya di dunia. Kedua headset tersebut adalah LG TONE Free FP9 dan LG TONE Free FP8. LG mengeklaim penambahan kedua produk baru itu tidak hanya memperluas lini TONE Free-nya, melainkan juga menunjukkan keseriusan LG dalam merambah pasar TWS (true wireless stereo). Belakangan TWS memang makin populer dan itu antara lain tercermin dari “Counterpoint Research Global Hearables (TWS) Market Forecast 2021-2023” yang memperkirakan pasar TWS global akan bertumbuh sekitar 33% pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020. Counterpoint pun menambahkan bahwa pasar TWS global tahun lalu bertumbuh 78% dibandingkan tahun sebelumnya.

LG menyebutkan TONE Free FP9 dan TONE Free FP8 hadir dengan peningkatan pada tiga hal yang menjadi andalan utama dari seri TONE Free yang tersedia lebih dulu. Ketiga hal itu adalah pemrosesan suara yang dikembangkan Meridian, ANC (active noise cancellation), dan UV Nano Case. Mengenai ketiga fitur itu.

Peningkatan sehubungan kualitas suara yang menggunakan HSP (headphone spatial processing​) dari Meridian pada LG TONE Free FP9 dan LG TONE Free FP8, antara lain melalui 3D Sound Stage serta driver lebih besar dan diafragma yang menggunakan pinggiran silikon. Seperti namanya, 3D Sound Stage diklaim bisa memperluas sound stage dengan melalukan spatial upmixing. Sementara, driver yang lebih besar dan diafragma yang menggunakan pinggiran silikon bisa menghantarkan suara bas yang lebih bertenaga tanpa mengurangi detail maupun kejernihan.

Masih menggunakan jumlah mikrofon yang sama per unitnya (kiri maupun kanan) seperti TONE Free FN7, yakni tiga, LG menghadirkan pembaruan terhadap ANC pada TONE Free FP9 dan TONE Free FP8. LG mengeklaim pembaruan terhadap ANC tersebut membuat peredemanan suara sekitar menjadi lebih baik. Namun, LG tidak membagikan secara spesifik perbedaannya dengan TONE Free FN7.

Sementara, untuk UV Nano Case alias wadah penyimpanannya; seperti LG TONE Free FN7; UV Nano Case milik LG TONE Free FP9 dan LG TONE Free FP8 juga bisa membersihkan headset. UV Nano Case akan membersihkan earbud dari bakteri yang menempel sepanjang pemakaian atau akibat berada di luar wadah. UV Nano Case memanfaatkan sinar ultraviolet dan diklaim bisa membunuh 99,9% bakteri. Namun, UV Nano Case milik LG TONE Free FP9 dan LG TONE Free FP8 melakukannya dalam 5 menit bukan 10 menit seperti LG TONE Free FN7.

Baca Juga : Huawei Perkenalkan Freebuds 4i: TWS ANC

Selain itu, LG juga menambahkan beberapa fitur lain seperti dimensi yang lebih ringkas dan Whispering Mode. LG mengembangkan desain terbaru bertajuk “Arc Design” yang membuat earbud TONE Free FP9 dan TONE Free FP8 memiliki ukuran 4,4 mm lebih pendek dari varian sebelumnya. Adapun Whispering Mode membolehkan headset sebelah kanan digunakan layaknya mikrofon pada inline yang diposisikan di dekat mulut. Tujuannya agar bisa berbicara dengan pelan alias berbisik, tetapi tetap bisa berkomunikasi secara baik dengan lawan bicara; misalnya ketika di perpustakaan. Tak ketinggalan, LG turut meningkatkan daya tahan baterai TONE Free FP9 dan TONE Free FP8 menjadi sampai 10 jam dan mejadi sampai 24 jam dengan UV Nano Case. LG TONE Free FN7 sendiri sampai 7 jam dan 21 jam.

Belum terdapat informasi mengenai ketersediaan LG TONE Free FP9 dan LG TONE Free FP8 di tanah air. Begitu pula harganya. Namun, perangkat dengan pilihan warna seperti Charcoal Black, Pearl White, dan Haze Gold ini akan hadir di sejumlah negara tertentu bulan depan.

SUMBER

Share Is Cool