LG Berencana Kenalkan Robot Otonom untuk Disinfeksi pada CES 2021


JS NEWS –
LG Electronics hari ini mengumumkan rencananya untuk mengenalkan robot otonom yang bisa melakukan disinfeksi pada CES 2021 yang akan datang. LG mengklaim robot otonom pendisinfeksi itu merupakan hasil karya yang menggabungkan kompetensi LG dalam bidang robotika, kecerdasan buatan, dan kendaraan otonom. Pengenalan robot otonom pendisinfeksi tersebut di dunia tentu saja sedikit banyak dipengaruhi oleh pandemi COVID-19. Seperti sudah bisa diduga, tugas utama dari robot otonom pendisinfeksi bersangkutan adalah melakukan disinfeksi. Tugas itu dilakukan dengan memanfaatkan sinar ultraviolet C.

“Robot UV otonom ini hadir pada saat kebersihan menjadi prioritas tertinggi, khususnya bagi tamu hotel, pelajar, atau pelanggan restoran,” ujar Roh Kyu-chan (Kepala Divisi Bisnis Robot pada LG Business Solutions Company) sembari menegaskan bahwa robot otonom pendisinfeksi ini akan bertugas melakukan disinfeksi pada area dengan tingkat sentuhan dan lalu lintas tinggi.

Baca Juga : Tiga Smartphone LG Resmi Hadir Tawarkan Layar Besar dan Kamera Utama 48MP

Dengan sifatnya yang otonom, LG mengklaim robot otonom pendisinfeksinya bisa bergerak dengan mudah di sektar meja, kursi, dan perabot lain. Penyinaran ultraviolet C dilakukan pada permukaan yang sering disentuh. Penyinaran ultraviolet C itu dilakukan selama 15 menit sampai 30 menit.

LG pun meyakini robot otonom pendisinfeksinya bisa diintegrasikan ke dalam rutinitas pembersihan tanpa membutuhkan spesialis untuk mengoperasikannya. LG menyebutkan robot otonom pendisinfeksi tersebut mudah dioperasikan sehingga tidak memerlukan pelatihan yang ekstensif untuk menggunakannya. Pengguna juga dapat memonitor status dari robot otonom pendisinfeksi bersangkutan dari jarak jauh memanfaatkan smartphone maupun komputer tablet. Terdapat pula pengaman built-in untuk meminimalkan paparan sinar ultraviolet C kepada manusia.

SUMBER

Share Is Cool