Laptop dengan AMD Ryzen 5000 Series Meluncur Mulai April 2021

JS NEWS – Diperkenalkan pertama kali secara global pada ajang CES 2021 Januari lalu, AMD Indonesia akhirnya mengumumkan kehadiran laptop yang diotaki prosesor mobile Ryzen 5000 series untuk pasar tanah air. Melalui acara yang digelar secara virtual, AMD memamerkan keunggulan prosesor yang dibangun di atas arsitektur terbaru AMD 7nm “Zen 3”. Ada dua seri yang bakal meluncurkan lebih dulu yaitu H-series dan U-series.

AMD Ryzen 5000 H-Series hadir hingga 8 core dan 16 thread ditujukan untuk para elit gamer atau creator yang menghadirkan pengalaman bermain game yang mengesankan dengan performa frame rate tertinggi, multitasking cepat dan ketahanan baterai yang luar biasa,.

Prosesor H-series sendiri masih terbagi dalam dua varian lain yaitu HX yang bisa di-overclock dan HS yang menawarkan daya yang lebih rendah yaitu 35 watt namun dengan performa dan efisiensi yang optimal. Seri HX hadir sebagai solusi bagi laptop gaming dan pro kreator, sementara seri HS sangat cocok untuk laptop gaming yang compact, lebih tipis dan ringan.

Untuk seri HX, AMD memperkenalkan Ryzen 9 5980HX dan Ryzen 9 5900HX yang merupakan seri tertinggi dimana memiliki opsi pengaturan manual untuk clock speed dengan kecepatan maksimal boost clock nya hingga 4.8GHz dengan TDP 45W+. Dijelaskan bahwa Ryzen 9 5980HX mampu meningkatkan performa single-threaded hingga 23% dan performa multi-threaded hingga 17% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca Juga : AMD Ryzen Seri 5000 Resmi Hadir di Indonesia, Radeon RX 6000 Menyusul

Sementara prosesor U-series menawarkan perpaduan antara performa dan efisiensi daya untuk laptop tipis dan ringan. Disebutkan pula bahwa salah satu SKU yaitu Ryzen 7 5800U, mampu memberikan performa single-threaded hingga 16% lebih baik dan performa multithread hingga 14% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Dari sisi efisiensi daya, baterai pada laptop dengan prosesor tersebut memiliki daya tahan hingga 17,5 jam untuk penggunaan standar dan hingga 21 jam untuk aktivitas memutar film.

Beberapa produsen laptop seperti Acer, ASUS, HP, dan Lenovo sudah mempersiapkan lini terbaru yang dipersenjatai dengan AMD Ryzen 5000 series yang dijadwalkan hadir antara bulan April hingga Mei tahun ini.

SUMBER

Share Is Cool