JUST CAUSE 3

just cause 3Pada bulan 1 desember 2015 lalu, salah satu game andalan publisher square enix resmi menggebrak dunia gaming.

Masih dikembangkan developer avalanche studios, just cause 3 resmi dirilis dalam versi pc, play station 4, dan xbox one. Apa yang membuat just cause 3 istimewa? Seperti diketahui, pada tanggal perilisannya, game ini bersaing ketat dengan fallout 4 dan juga tom clancy’s rainbow six siege. Simak ulasan lengkap game just cause 3 ini hingga tuntas.

Story Mode

Masih menggunakan karakter bernama rico rodriguez, just cauese 3 kali ini menggunakan latar tempat bernama republik medici, sebuah negara fisik kepulauan yang sangat indah. Medici dipimpin oleh seorang koruptor dan komunikasi bernama di ravello.medici merupakan tempat lahir tico, ketika kecil ia harus kehilangan keluarganya akibat konflik yang terjadi antara orang tua rico dengan di ravello.

Ketika rico besar dan menjadi agen rahasia, rico memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya dan berhenti menjadi agen rahasia. Dibantu oleh pepmberontak setempat, rico sebagai karakter yang anda mainkan harus berusaha meruntuhkan kekuatan yang dimiliki di ravelli hingga tuntas.

Gameplay

Perlu diketahui, just cauese 3 merupakan game open world artinya pemain bisa bergerak secara bebas untuk memainkan story mode dan side mission-nya.gameplay yang ditawarkan oleh just cause 3 cukup menarik, yaitu misi penghancuran. Hampir semua item seperti bangunan pemerintah, pom bensin, mobil, motor, hingga helikopter dapat diledakka. Pemain dapat berkreasi secara bebas melakukan penghancuran untuk menamatkan story mode.

just cause 3 1Map yang dipelukan pemain untuk melihat arah, pada just cause 3 dibuat sangat luas. Terdapat sekitar 28 provinsi yang masuk wilayah republik medici. Pemain bisa mengambil alih setiap provinsi dengan mengibarkan bendera pemberontak di setiap kota dan menghancurkan pos pertahanan pemerintah.

Namun, beberapa provinsi tersebut masih terkunci. Pemain tidak bisa memasuki provinsi tersebut hingga misi khusus pada story mode dituntaskan. Jika pemain tetap memaksakan masuk maka akanmuncul serangan udara. Hal ini wajar karena akan menjadi tidak masuk akal apabila pemain sudah merebut semua provinsi namun di ravello mesih belum dijatuhkan pada story mode. Jadi, kuncinya jika pemain ingin menikmati semua keindahan republik medici, pemain harus menamatkan story mode-nya terlebih dahulu.

Selain story mode, terdapat juga challenge mode, yakni pemain bisa melakukan beberapa tantangan seperti drifting, parachuting, sky diving, dan lain – lain. Sebagai pelengkap, terdapat random mission ketika pemain berjalan mengelilingi kota. Pemain akan menemukan settler atau warga yang meminta tolong bnatuan rico seperti, membantu settler yang kehabisan bensin hingga munculik anggota pemerintah yang sedang menumpangi taksi.

Fitur

Fitur paasa saja yang mendukung gameplay just cause 3? Terdapat 3 fitur andalan yang bisa pemain gunakan, yaitu grapple hook, parachute dan yang terbaru dari series just cause adalah wingsuit.

Grapple Hook

Dengan grapple hook pemain bisa mengaitkan 2 hingga 4 item seperti, settler, kendaraan , bangunan hingga tanah. Pemain bisa meledakkan mobil dengan mengaitkannya ke tangki bensin atau mengaitkan musuh ke dinding bangunan jika pemain sudah kehabisan peluru. Dengan fitur ini pemain tentunya dapat berkreasi secara bebas, hampir semua item yang ada dapat dikaitkan dengan menggunakan grapple hook.

Selain itu pemain bisa melakukan lompotan dari gedung ke gedung menggunakan fitur ini, layaknya spiderman. Jika pemain jatuh atau kehabisan gedung untuk dilompati, anda tidak perlu panik karena pemain bahkan bisa mendarat secara aman dengan mengaitkan grapple hook ke tanah.

Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan grapple hook. Pemain bahkan bisa mengangkat boat dengan helikopter, menyeret musuh dengan mobil, melompat ke mobil yang melintas.

Parachute

Pada gta 5, pemain hanya bisa menggunakan parachute secara limit. Namun tidak pada just cause 3. Pemain dapat menggunakan parachute berulang kali, kapan pun dan dimana pun. Pemain bisa menghancurkan gedung – gedung tinggi saat terbang menggunakan parachute.

Kemudian jika sudah mendekati tanah, pemain bisa melakukan manuver menggunaka grapple hook dan membuat rico kembali terbang dengan parachute-nya. Cukup tancapkan grapple hook ke tanah atau gedung dan lakukan manuver agar parachute kembali mendapatkan dorongan angin untuk terbang ke atas.

Wingsuit

Sama halnya dengan parachute, wingsuit di just cause 3 bisa digunakan tanpa limit. Melalui fitur ini pemain bisa terbang dan bermanuver di udara layaknya iron man. Namun, saat menggunakan wingsuit, pemain tidak bisa melakukan penembakan. Artinya fitur ini hanya bisa digunakan untuk terbang secara cepat.

Wingsuit bisa digunakan saat melompat dari tempat tinggi ke rendah. Saat di tempat tinggi, pemain cukup melopat lalu gunakan wngsuit, dan saat di tempat rendah, pemain bisa menancapkan grapple hook ke mana saja. Saat berada di udara, buka wingsuit dan lakukan manuver.

Selain ketiga fitur utama di atas, pemain juga memiliki fitur tambahan, yaitu beacon. Dengan fitur ini pemain bisa meminta bantuan suplai ke pemberontakan. Adapun suplai yang dapat diminta, antara lain senjata, mobil, motor, helikopter, hingga tank. Pemberontakan akan menjatuhkan pesanan pemain menggunakan kargo yang dilepas dariketinggian menggunakan pesawat jet. Jika anda tipikal orang yang iseng, anda bisa meletakkan beacon ke area musuh, dan boom, musuh – musuh tersebut akan tertimpa kargo pesanan anda.

Fitur – fitur ini bisa di – upgrade melalui challenge mode, pemain bisa menemukan tantangan terbesar di seluruh kota. Di setiap tantangan yang sudah diselesaikan, pemain akan memperoleh reward berupa gear. Gear tersebut bisa digunakan untuk untuk meng-upgrade hingga meng-unlock senjata dan kendaraan terbaru.

Grafis

data teknisiGrafis pada just csuse 3 tidak perlu ditanyakan lagi. Keindahan republik medici dapat dinikmati saat pemain melakukan travelling ke setiap sudut kota. Kualitas grafis perairannya pun sangat fantastis. Pengetesan yang kami lakukan dengan gtx 960 menghasilkan fps yang cukup stabil pada angka 60

Kekurangan

Satu – satunya kekurangan yang kami temui, yaitu kontrol mengendarai mobil yang tidak selancar saat gi gta 5. Kontrol terasa sulit saat di dalam mobil, dan hendak melihat ke sekitar menggunakan mouse. Jadi , kami sarankan untuk tidak mengerakkan mouse agar lebih nyaman saat berkendara.

Kesimpulan

Dengan map yang sangat luas dan fitur yang unik. Just cause 3 pantas dinobatkan sebagai salah satu game open world terbaik. Anda akan melupakan misi yang tersedia karena asyik menjelajahi map menggunakan grapple hook, parachute, dan wingsuit.

Sumber PCMedia Edisi : 01/2016   (di akses pada tanggal : 31/03/2016)

Share Is Cool

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *