Jokowi Saksikan Panen Raya Padi di Malang

JS NEWS – Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR Puan Maharani menyaksikan lokasi panen raya padi di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), Kamis (29/4/2021). Presiden ingin membuktikan secara langsung kondisi beras nasional hasil panen awal 2021 ini.

“Siang ini saya di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang untuk melihat panen, tanam dan penggilingan (Rice Milling Unit/RMU). Saya bersama dengan Ibu Puan Maharani, Ketua DPR RI dan para menteri, gubernur dan bupati untuk memastikan bahwa produksi padi yang ada betul-betul bisa memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia,” ucap Jokowi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang.

Presiden menegaskan upaya memastikan langsung produksi dan stok beras nasional saat ini sangat penting. Kebutuhan beras masyarakat merupakan agenda utama pemerintah yang harus dipenuhi dan menjadi dasar dalam mengambil kebijakan yang tepat yakni impor atau tidaknya.

Baca Juga : Pintu Air Ekspansi ke Kota Palu, Ajak Masyarakat Berkoperasi

Sebagai catatan stok gabah/beras di Bulog Malang hingga saat ini mencapai 17.871 ton. Serap gabah yang dilakukan Bulog sampai dengan 24 April mencapai 3.077 ton setara beras. Petani di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang menanam padi IPB3S, Ciherang, Cibogo, Inpari32, Inpari42.

Potensi panen padi se Kabupaten Malang pada April sebesar 6.441 hektar dengan estimasi produksi mencapai 45.674 ton gabah kering giling dan potensi panen padi Mei sebesar 4.829 hektar dengan estimasi produksi 34.243 ton gabah kering giling.

Harga rata-rata gabah Kabupaten Malang cukup bagus yakni di atas harga pembelian pemerintah. Dimana gabah kering panen Rp 4.600 dan gabah kering giling Rp5.600 perkilogram.

SUMBER

Share Is Cool