Intel Umumkan Kehadiran Prosesor Core Seri X dan Xeon Seri W Baru


JS NEWS – Intel belum lama ini secara resmi mengumumkan mengenai kehadiran prosesor Core seri X dan Xeon seri W baru di dunia. Prosesor generasi baru itu menggunakan codename Cascade Lake dan menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya yang menggunakan codename Skylake. Prosesor Intel Core seri X dan Xeon seri W baru ini misalnya menawarkan kinerja AI (artificial intelligence) yang lebih baik berkat hadirnya Intel DL Boost. Selain itu, Intel menawarkan sebagian prosesor generasi barunya tersebut dengan harga yang lebih terjangkau pula dari generasi sebelumnya. Menyasar para profesional dan enthusiast, kombinasi itu membuat prosesor Intel Core seri X dan Xeon seri W menjadi pilihan yang lebih menarik lagi dibandingkan sebelumnya.

“Komunitas profesional dan enthusiast membutuhkan rekayasa produk yang memenuhi kebutuhan mission-critical mereka yang spesifik dan mempertahankan mereka pada perkembangan teknologi yang terdepan. Ini berarti optimisasi hardware dan software terbaik, tetapi juga mencari cara bagaimana kami dapat menambahkan hal-hal seperti akselerasi AI,” ujar Frank Soqui (Vice President and General Manager of Desktop, Workstation and Channel Group, Intel). “Tidak masalah jika Anda adalah seorang data scientistcinema creator, atau pekerja lepas, Intel Xeon W dan seri X menawarkan tenaga dan fleksibilitas pilihan banyak orang, membolehkan Anda untuk tetap bekerja secara kreatif dan kompetitif bahkan pada berbagai beban kerja yang paling intensif,” sebut Frank Soqui lagi.

Baca Juga : Intel Technology Open House Pamerkan Inovasi Intel Untuk Tahun 2019

Pengumuman kehadiran prosesor Core seri X dan Xeon seri W baru ini melengkapi pengumuman Intel sebelumnya mengenai kehadiran prosesor Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Ice Lake dan Comet Lake. Sebelumnya, pada Technology Open House di Singapura yang berlangsung September lalu, Intel dan para mitranya pun menunjukkan kesiapan mereka untuk menghadirkan notebook maupun 2 in 1 yang telah menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-10. Seperti yang diberitakan di sini, Intel menargetkan kehadiran lebih dari 120 platform yang telah menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-10 pada akhir tahun 2019. Adapun prosesor Core seri X dan Xeon seri W baru yang ditujukan untuk HEDT (high-end desktop) dan workstation ini, ditargetkan Intel tersedia di pasar mulai November 2019 yang akan datang.

Seperti generasi sebelumnya, Intel Core seri X baru ditujukan untuk HEDT (high-end desktop).

Dok. IntelSeperti generasi sebelumnya, Intel Core seri X baru ditujukan untuk HEDT (high-end desktop).

Menggunakan technology node 14 nm, Intel Core seri X dan Xeon seri W baru masih memanfaatkan arsitektur yang mirip dengan generasi sebelumnya. Tidak terdapat pula penambahan jumlah core untuk varian yang setara dari generasi sebelumnya. Namun, seperti telah disebutkan di atas, Intel telah menambahkan Intel DL Boost alias Intel Deep Learning Boost pada Core seri X dan Xeon seri W baru itu. Fitur ini merupakan kombinasi instruksi baru dan format angka baru yang ditujukan untuk mengakselerasi AI. Dengan Intel DL Boost, Intel Core seri X dan Xeon seri W baru diklaim menawarkan peningkatan kinerja AI sampai sekitar dua kali dibandingkan generasi sebelumnya. Intel DL Boost diperkenalkan pada Intel Cascade Lake yang untuk server dan telah hadir pula pada Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Ice Lake.

Adapun peningkatan lain yang turut hadir pada Intel Core seri X dan Xeon seri W baru dibandingkan generasi sebelumnya, seperti clock atau frekuensi kerja yang lebih tinggi dan dukungan memori utama dengan kapasitas yang lebih besar maupun kecepatan lebih tinggi. Khusus untuk Intel Core seri X baru terdapat penambahan jumlah lajur PCI-Express 3.0 menjadi 48 dari 44 pada generasi sebelumnya, sedangkan khusus untuk Intel Xeon seri W baru terdapat penambahan Turbo Boost Max Technology 3.0 melengkapi Turbo Boost Technology 2.0 pada generasi sebelumnya.

Varian tertinggi Intel Core seri X baru misalnya, Core i9-10980XE, memiliki frekuensi Turbo Boost Technology 2.0 sebesar 4,6 GHz dan frekuensi Turbo Boost Max Technology 3.0 sebesar 4,7 GHz.  Frekuensi turbo tersebut lebih tinggi dari frekuensi turbo varian tertinggi Intel Core seri X generasi sebelumnya, Core i9-9980XE, yang sebesar 4,4 GHz dan 4,5 GHz. Hal serupa juga berlaku pada Intel Xeon seri W baru. Varian tertingginya, Intel Xeon W-2295 contohnya menawarkan frekuensi Turbo Boost Technology 2.0 sebesar 4,6 GHz dan frekuensi Turbo Boost Max Technology 3.0 sebesar 4,8 GHz. Bandingkan dengan varian tertinggi Xeon seri W generasi sebelumnya, Intel Xeon W-2195, yang “hanya” menawarkan Turbo Boost Technology 2.0 dengan frekuensi sebesar 4,3 GHz.

Sementara, untuk dukungan memori utama, bila Intel Core seri X generasi sebelumnya mendukung memori utama DDR4 sampai frekuensi 2.667 MHz (efektif) dan kapasitas sampai 128 GB, Intel Core seri X baru mendukung sampai frekuensi 2.933 MHz (efektif) dan kapasitas sampai 256 GB. Begitu pula intel Xeon seri W generasi sebelumnya yang mendukung memori utama DDR4 sampai frekuensi 2.667 MHz (efektif) dan kapasitas sampai 512 GB, sedangkan Intel Xeon seri W baru mendukung sampai frekuensi 2.933 MHz (efektif) dan kapasitas sampai 1 TB.

Namun, “peningkatan” yang paling menarik untuk sebagian pihak adalah harganya. Intel Core seri X baru memiliki harga dari US$590 sampai US$979 dan Intel Xeon seri W baru memiliki harga dari US$294 sampai US$1.333. Intel Core seri X generasi sebelumnya sendiri memiliki harga dari US$589 sampai US$1.979, sedangkan Intel Xeon seri W generasi sebelumnya memiliki harga dari US$294 sampai US$2.553. Sekadar informasi, harga-harga yang disebutkan adalah harga untuk pembelian seribu unit. Jika diambil harga-harga tertinggi, Intel Core seri X dan Xeon seri W baru bisa menawarkan “potongan” harga sekitar 50%.

Terdapat empat SKU (stock keeping unit) Core seri X baru dan delapan SKU Xeon seri W baru yang diumumkan kehadirannya oleh Intel. Detail dari keempat SKU Intel Core seri X dan delapan SKU Intel Xeon W-2200 tersebut bisa dilihat pada tabel-tabel berikut.

SUMBER

Share Is Cool