Intel Segarkan Lini Xeon Scalable Generasi Ke-2 dengan Varian Baru


JS NEWS – Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 sudah meluncur sejak tahun lalu di dunia. Pengumuman peluncurannya sendiri dilakukan pada bulan April 2019. Nah, belum lama ini Intel menyegarkan lini Xeon Scalable Generasi ke-2-nya dengan meluncurkan varian baru. Varian baru itu diklaim menawarkan kinerja yang secara rata-rata lebih baik 36% dan perbandingan antara kinerja dan harga yang secara rata-rata lebih baik 42% dari Intel Xeon Scalable Generasi ke-1, tepatnya Intel Xeon Gold Generasi ke-1. Dibandingkan varian Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 yang lebih dulu hadir, varian baru Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 tersebut juga bisa memberikan kinerja dan perbandingan antara kinerja dan harga yang lebih baik. Hal ini dimungkinkan antara lain berkat jumlah core yang lebih tinggi dengan harga yang setara.ADVERTISING

“Platform data-centric Intel menawarkan cakupan pasar yang paling luas terhadap prosesor server apa saja – dari cloud, melalui jaringan, sampai ke edge yang pintar,” ujar Lisa Spelman (Corporate Vice President and General Manager, Xeon and Memory Group, Data Platform Group, Intel). “Bekerja sama secara erat dengan konsumen kami, kami menghantarkan aneka prosesor server baru ini untuk menjawab kebutuhan kinerja dan harga mereka pada pasar dan beban kerja yang luas,” jelasnya lagi.

Terdapat 18 varian baru dari Intel Xeon Scalable Generasi ke-2, mulai dari Intel Xeon Gold sampai Intel Xeon Bronze. Varian baru ini umumnya ditandai dengan akhiran R, T, maupun U, meskipun ada dua yang tidak. Intel mengklaim kehadiran berbagai varian baru ini bisa membantu konsumen perihal network function virtualization (misalnya pada 4G dan 5G), hyper-converged infrastructure, maupun cloud.

Varian baru dari Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan varian yang hadir lebih dulu. Dua di antaranya adalah jumlah core yang lebih banyak dan frekuensi kerja yang lebih tinggi. Namun, bukan berarti keduanya hadir pada setiap varian baru; ada yang menawarkan core lebih banyak saja, dan ada yang menawarkan frekuensi kerja yang lebih tinggi saja.

BACA JUGA :

Varian tertinggi dari prosesor baru Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 adalah Intel Xeon Gold 6258R yang memiliki 28 core dan 56 thread. Jumlah core dan thread tersebut lebih tinggi dari Intel Xeon Gold 6252 dengan 24 core dan 48 thread. Intel Xeon Gold 6252 merupakan salah satu varian Gold lama dari Xeon Scalable Generasi ke-2 yang memiliki jumlah core dan thread terbanyak. Menariknya, selisih harga keduanya tidak begitu jauh; Intel Xeon Gold 6258R ditawarkan dengan harga US$3.950, sedangkan Intel Xeon Gold 6252 ditawarkan dengan harga sekitar US$3.600. Meskipun begitu, Intel Xeon Gold 6258R hanya mendukung sampai konfigurasi dua soket dan bukannya empat seperti abangnya itu.

Lebih menarik lagi bila membandingkan Intel Xeon Gold 6258R dengan Intel Xeon Platinum 8280. Keduanya sama-sama menawarkan 24 core dan 48 threadcache L3 38,5 MB, serta base frequency 2,7 GHz dan maximum turbo frequency 4 GHz. Namun, Intel Xeon Platinum 8280 ditawarkan dengan harga US$10.009, hanya saya ia mendukung konfigurasi delapan soket dan bukannya sampai konfigurasi dua soket seperti Intel Xeon Gold 6258R. Intel Xeon Platinum sendiri adalah kelas tertinggi pada Intel Xeon Scalable.

Sementara, salah satu perbandingan yang menunjukkan varian baru Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 bisa menawarkan perbandingan antara kinerja dan harga yang jelas-jelas lebih baik adalah antara Intel Xeon Gold 6242R dan Intel Xeon Gold 6242. Intel Xeon Gold 6242R hadir dengan 20 core dan 40 threadcache L3 35,75 MB, serta base frequency 3,1 GHz dan maximum turbo frequency 4,1 GHz, sedangkan Intel Xeon Gold 6242 hadir dengan 16 core dan 32 thread, cache L3 22 MB, serta base frequency 2,8 GHz dan maximum turbo frequency 3,9 GHz. Namun, keduanya memiliki harga yang serupa, sekitar US$2.529. Meskipun begitu, Intel Xeon Gold 6242 mendukung konfigurasi empat soket, sedangkan Intel Xeon Gold 6242R hanya sampai dua soket.

Berikut tabel dari ke-18 presesor baru Intel Xeon Scalable Generasi ke-2.

SUMBER

Share Is Cool