Intel Perkenalkan Prosesor 10th-Gen Ice Lake 10nm untuk Laptop Ultraportable

Pada ajang Computex 2019 di Taipei, Intel akhirnya mengungkap lebih jauh tentang kehadiran prosesor generasi ke-10 garapannya yang disebut Ice Lake, dengan pabrikasi 10nm. Prosesor ini dirancang untuk laptop ultraportable.

JS NEWS- Jajaran prosesor Intel Ice Lake 10nm akan hadir dalam varian Core i3, Core i5, dan Core i7. Intel mengusung arsitektur Sunny Cove yang memiliki desain 4-core, 8-thread dengan kecepatan hingga 4.1 GHz.

Penggunaan arsitektur Sunny Cove ini menjanjikan peningkatan IPC (Instruction Per Cycle) hingga 18 persen dibanding Skylake. Meski diklaim lebih kencang, Sky Lake 10nm memiliki TDP yang rendah yakni mulai dari 9W hingga 25W saja.

Baca Juga : Microsoft Store Diskon Game Xbox One Sampai 75 Persen

Yang tidak kalah menarik, prosesor 10th-gen dari Intel ini dibekali dengan engine grafis Gen11 Iris Plus terbaru yang menawarkan performa dua kali lipat lebih baik dari pendahulunya.

Mengutip Engadget, kemampuan GPU terintegrasi ini cukup kencang untuk menjalankan game-game seperti CS:GO, Rainbow Six Siege, dan Fortnite di resolusi 1080p. Asyiknya lagi, Ice Lake 10th-gen juga menawarkan kemampuan video encoding untuk konten HEVC/VP9 4K/60fps atau bahkan 8K di 30fps.

Intel Perkenalkan Prosesor 10th-Gen Ice Lake 10nm untuk Laptop Ultraportable

Akselerasi AI 
Selain beberapa upgrade di atas, prosesor Intel Ica Lake 10nm diklaim punya kemampuan AI yang lebih baik. Tidak hanya itu, prosesor ini juga sudah menggunakan WiFi 6/802.11ax yang dijanjikan memiliki kecepatan 40 persen lebih kencang dibanding pendahulunya. Tidak ketinggalan, ada pula dukungan Thunderbolt 3.

Lalu, kapan prosesor terbaru ini tersedia pada berbagai laptop di pasaran? Belum ada tanggal yang pasti. Pantau terus Yangcanggih.com jika tidak ingin ketinggalan update informasinya. 

Sumber

Share Is Cool