Intel Luncurkan Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan Codename Ice Lake


JS NEWS – Intel belum lama ini telah meluncurkan secara resmi Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake di dunia. Lini prosesor Xeon terbaru itu melengkapi Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Cooper Lake yang meluncur lebih dulu. Berkat kehadiran Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake itu, Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 kini memiliki SKU (stock keeping unit) yang ditargetkan untuk sistem dengan satu soket sampai sistem dengan delapan soket. Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake sendiri ditujukan untuk sistem dengan satu soket maupun dua soket.

Selain perbedaan sistem yang ditargetkan, Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake juga sudah menggunakan arsitektur baru dan technology node baru dibandingkan Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Intel Cascade Lake. Adapun Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Cooper Lake masih menggunakan arsitektur dan technology node menyerupai generasi sebelumnya. Alhasil, Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake menawarkan peningkatan IPC (instructions per cycle) dibandingkan Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Intel Cascade Lake, bahkan Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Cooper Lake. Begitu pula dengan jumlah core-nya yang lebih banyak.

Tak heran bila Intel mengklaim Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake bisa memberikan kinerja yang secara signifikan lebih baik dari generasi sebelumnya. Mengambil varian tertinggi dari Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake dan membandingkannya terhadap varian setara Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Cascade Lake, Intel mengklaim besarnya peningkatan rata-rata yang ditawarkan adalah sekitar 46%. Sementara, untuk AI (artificial intelligence), Intel mengklaim peningkatan kinerja yang ditawarkan sampai 74%. Khusus AI, Intel juga mengklaim varian tertinggi Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake menawarkan kinerja yang jauh lebih baik dari AMD EPYC 7763 dan NVIDIA A100. Namun, kinerja AI yang diangkat Intel ini tentunya memanfaatkan fitur DL (Deep Learning) Boost.

Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake juga mengedepankan fitur baru seperti Intel SGX (Software Guard Extensions) dan Intel Crypto Acceleration. Intel SGX adalah untuk keamanan dan sebelumnya telah hadir pada produk Intel tertentu, tetapi diklaim hadir untuk pertama kalinya pada Intel Xeon yang ditujukan bagi sistem dengan sampai dua soket. Sementara, Intel Crypto Acceleration adalah untuk mengakselerasi cryptographic. Tak ketinggalan tentunya dukungan delapan kanal memori utama sampai DDR4-3200 dan PCI Express 4.0 sebanyak 64 lajur. Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Intel Cascade Lake hanya mendukung enam kanal memori utama sampai DDR4-2933 dan PCI Express 3.0 sebanyak 48 lajur.

“Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 kami adalah karya kami yang paling fleksibel dan berperforma terbaik sepanjang sejarah kami. Dirancang untuk mengerjakan workloads yang beragam, dari cloud, ke jaringan, hingga ke edge,” ujar Navin Shenoy (Executive Vice President dan General Manager Data Platform Group Intel). “Intel memiliki posisi yang unik dengan arsitektur, desain, dan manufaktur untuk memberikan solusi dan silikon pintar yang luas bagi kebutuhan konsumen,” tegasnya lagi.

Baca Juga : Intel Perkenalkan OneAPI Toolkit dan GPU untuk Server

Seperti Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Ice Lake, Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake juga menggunakan arsitektur yang disebut Intel Sunny Cove, hanya saja sudah dioptimalkan untuk server. Jika Anda ingat, besarnya peningkatan IPC rata-rata yang disebutkan Intel dari Core Generasi ke-10 dengan codename Ice Lake terhadap generasi sebelumnya adalah 18%. Adapun untuk Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake, Intel mengklaim peningkatan IPC-nya adalah sebesar 20% terhadap Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Cascade Lake yang arsitekturnya masih berbasiskan Intel Skylake.

Sementara, technology node-nya; seperti Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Intel Ice Lake; Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake pun sudah menggunakan 10 nm. Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Intel Cascade Lake sendiri menggunakan 14 nm. Penggunaan technology node 10 nm ini tentunya membantu Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake untuk memiliki jumlah core sampai empat puluh. Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Intel Cascade Lake memiliki jumlah core sampai 28. Memang terdapat varian Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Intel Cascade Lake yang memiliki 56 core, tetapi varian tersebut merupakan penggabungan dua prosesor.

Namun, seperti lini konsumennya pula, Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake menawarkan frekuensi kerja alias clock yang lebih lebih rendah dari generasi sebelumnya. Frekuensi kerja yang dimaksud di sini bukan sekadar saat seluruh core-nya dibebani penuh melainkan lebih ketika hanya satu atau sedikit core yang dibebani. Dengan kata lain, andai frekuensi kerja Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake setara Intel Xeon Scalable Generasi ke-2 dengan codename Intel Cascade Lake, kinerja yang ditawarkan bisa lebih baik lagi.

Seperti sebelumnya, Intel juga menegaskan bahwa Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Ice Lake ini didukung oleh “ekosistem” yang mumpuni. Salah satunya adalah Intel Optane persistent memory, tepatnya Intel Optane persistent memory seri 200, yang sudah meluncur lebih dulu. Dengan Intel Optane persistent memory suatu sistem bisa memiliki “memori utama” berkapasitas lebih besar dengan biaya yang lebih ringan — Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake mendukung memori utama sampai kapasitas total 6 TB per soket. Meski tak secepat DRAM, kapasitas tambahan yang diberikan Intel Optane persistent memory bisa membantu dalam sejumlah skenario seperti in-memory computing. Ditujukan untuk Intel Xeon Scalable Generasi ke-3, Intel Optane persistent memory seri 200 menawarkan bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Terdapat berbagai SKU Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake yang diluncurkan. Pada Tabel 1 dan Tabel 2 bisa dilihat beberapa dari SKU Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake yang diluncurkan tersebut. Meski baru diumumkan secara resmi beberapa saat lalu, Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake sudah dikapalkan sebanyak lebih dari 200 ribu unit pada kuartal pertama 2021.Tabel 1. Spesifikasi beberapa proseseor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake.

Dok. IntelTabel 1. Spesifikasi beberapa proseseor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake.Tabel 2. Spesifikasi sebagian prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake.

Dok. IntelTabel 2. Spesifikasi sebagian prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dengan codename Intel Ice Lake.

SUMBER

Share Is Cool