Inilah Sepuluh Keterampilan Tenaga Kerja yang Dicari UKM Digital

JS NEWS – Saat ini, berbagai industri di Indonesia tengah mengalami transformasi digital dan bersiap menghadapi era Industri 4.0.

Tidak heran, industri seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM) misalnya, terus melakukan peningkatan mulai dari sisi produk, proses bisnis dengan berbasis digital, hingga keterampilan tenaga kerja yang mereka miliki.

Terkait dengan tenaga kerja sendiri, laporan terbaru dari LinkedIn mengungkapkan bahwa UKM di Indonesia sudah mulai aktif merekrut para profesional yang memiliki keterampilan di bidang teknologi.

Berdasarkan laporan itu pula, ada sekiranya sepuluh keterampilan yang paling dicari oleh para pelaku UKM yang sudah terdorong untuk ‘go digital.’

Baca Juga: Enggak Boleh Lengah, Ini Kiat Agar UKM Bisa Sukses di Era Industri 4.0

Ke sepuluh keterampilan tersebut di antaranya:

  1. Creative content creation
  2. Data analytics
  3. Data visualization
  4. Decision Making
  5. Human-computer interaction
  6. Mobile application development
  7. Media sosial
  8. User experience design
  9. UX research
  10. Web development

“Dengan hampir 60 juta UKM di Indonesia, menjadikan negara ini pasar yang kompetitif bagi para pemilik UKM untuk merekrut tenaga kerja yang tepat agar menjadi bagian dari tim mereka,” kata kata Olivier Legrand, Managing Director, Asia-Pacific, LinkedIn.

Selain dari sudut pandang UKM, laporan dari LinkedIn tersebut juga mengungkapkan bahwa dalam satu tahun terakhir ini para millennial dan Gen Z lebih banyak memilih bergabung dengan perusahaan startup dibandingkan dengan perusahaan besar.

“Hal tersebut mencerminkan keinginan mereka untuk berkembang dan menemukan peluang baru. Mereka juga secara proaktif mengikuti akun-akun perusahaan untuk konten profesional di LinkedIn dan juga sangat terlibat dalam topik yang berkaitan dengan teknologi,” ujar Olivier.

SUMBER

Share Is Cool