IBM Kembangkan Komputer Kuantum Super Cepat

JS NEWS – IBM dan Pemerintah Inggris mengembangkan komputer kuantum yang mampu melakukan proses komputasi sangat cepat. Pembuatan Komputer Kuantum itu menghabiskan dana investasi senilai 300 juta dolar AS. Program kerja sama itu akan berlangsung selama lima tahun dan mencakup pengembangan komputer quantum dan artificial intelligence (AI).

Pengembangan komputer kuantum itu melibatkan ilmuan sebanyak 60 orang dan sejumlah proses riset yang menyeluruh seperti dikutip Venture Beat. Nantinya, puluhan ilmuan itu akan dibantu oleh sejumlah siswa dan jadi bagian dari Science and Technology Facilities Council (STFC).

Baca Juga : E-Book Hackers, Heroes of the Computer Revolution

Selanjutnya, IBM dan Pemerintah Inggris membentuk Hartree National Centre for Digital Innovation (HNCDI) yang akan melakukan sejumllah riset dengan komputer quantum. Penggunaan komputer kuantum itu akan dipadukan dengan AI, high performace computing (HPC), cloud dan data analytics.

Tujuannya, komputer kuantum itu dapat berperan dalam pengembangan sejumlah material tertentu dan kelestarian lingkungan. Komputer kuantum itu akan terhubung dengan IBM Quantum Network dan jaringan premium quantum computers dan development tools.

Selain itu, IBM juga akan memfasilitasi pengembangan ini dengan produk AI komersial dan eksperimental serta tools yang dapat digunakan dalam desain material, scaling, automation dan supply chain logistic.

SUMBER

Share Is Cool