Huawei Resmi Luncurkan HarmonyOS 2.0 Versi Beta


JS NEWS – Huawei resmi meluncurkan sistem operasi HarmonyOS 2.0 versi beta untuk smartphone.HarmonyOS dapat berjalan di beberapa smartphone seperti Huawei P40, P40 Pro, Mate 30, dan Mate 30 Pro. Sistem operasi ini juga bisa digunakan di perangkat komputer tablet MatePad Pro.

Huawei merancang HarmonyOS dengan konsep Internet of Everything (IoT) yang bakal mengintegrasikan beberapa aplikasi bakal berjalan di perangkat cerdas seperti smartphone, komputer tablet, mobil, dan perangkat lain yang memiliki layar.

Huawei menawarkan dua opsi kepada para pengembang untuk mendapatkan versi beta HarmonyOS 2.0 beta.

Pertama, pengembang bisa menggunakan simulator jarak jauh di Huawei DevEco Studio dengan mengunduh versi DevEco Studio 2.0 Beta3 dari situs HarmonyOS.

Kedua, pengguna bisa menggunakan OTA (Over The Air) dengan cara mendaftar terlebih dulu. Setelah disetujui, pengembang akan menerima e-mail beta publik resmi dari Huawei.

Baca Juga : Huawei Luncurkan Versi Baru MateBook X dan MateBook 14

Saat dites, sistem operasi ini ternyata dapat menjalankan aplikasi Android dengan baik. Meski sudah mendukung, Huawei disinyalir tidak hanya mengandalkan aplikasi dari Android seperti dikutip GSMArena.com

Huawei juga mengumumkan kompetisi kepada para pengembang untuk meluncurkan aplikasi baru di Harmony dengan hadiah senilai 1,5 juta yuan atau setara 3,2 miliar rupiah. Huawei juga merilis emulator IDE plus untuk developer agar pengujian lebih mudah.

HarmonyOS 2.0 bakal dirilis pada 2021 dan diluncurkan lebih dari 100 juta perangkat di dunia.

SUMBER

Share Is Cool