Huawei Luncurkan Versi Baru MateBook X dan MateBook 14

JS NEWS – MateBook X mirip MateBook X Pro tapi tanpa kartu grafis terpisah, MateBook 14 dengan prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 Series

Pandemi COVID-19 tidak mencegah Huawei menggelar konferensi developer tahunannya. Huawei tentu sudah menyiapkan banyak agenda untuk acara yang dihelat pada tanggal 10 – 12 September itu, dan salah satunya adalah memperkenalkan dua laptop baru, yakni MateBook X dan MateBook 14.

Sesuai dugaan, MateBook X merupakan versi lebih terjangkau dari MateBook X Pro yang sudah Huawei boyong ke Indonesia sejak Mei lalu. Desain keduanya kelihatan mirip, akan tetapi bodi MateBook X ternyata lebih tipis lagi di angka 13,6 mm, dan bobotnya yang berada di kisaran 1 kg juga berbeda cukup signifikan dari MateBook X Pro.

Huawei MateBook X

Ukuran layar sentuh MateBook X sedikit lebih kecil di angka 13 inci, akan tetapi resolusinya sama tingginya di 3000 x 2000 pixelBezel yang mengitari layarnya kelihatan sangat tipis, dan Huawei kembali menempatkan webcam-nya di balik salah satu tombol keyboard (yang otomatis akan tersembunyi saat sedang tidak dipakai), plus sensor sidik jari di tombol power-nya.

Masih seputar desain, trackpad MateBook X juga sudah di-upgrade. Ukurannya jauh lebih besar daripada yang terdapat di versi lamanya, dan trackpad ini juga sudah sepenuhnya mengandalkan haptic feedback seperti trackpad Force Touch milik Apple MacBook. Huawei pun tidak lupa menanamkan chip NFC di balik trackpad milik MateBook X.

Huawei MateBook 14

Urusan performa, konfigurasi termahal MateBook X mengandalkan prosesor Intel Core i7-10510U, RAM 16 GB, dan SSD 512 GB. Prosesornya ini sama persis dengan yang tertanam di MateBook X Pro, dan Huawei juga menawarkan konfigurasi lain yang mengandalkan prosesor Core i5. Satu perbedaan terbesar terkait performanya adalah, MateBook X tidak punya kartu grafis terpisah, sedangkan MateBook X Pro punya.

Melengkapi spesifikasinya adalah baterai berkapasitas 42 Wh, dan charging-nya bisa mengandalkan salah satu dari dua port USB-C yang dimilikinya. Rencananya, Huawei MateBook X akan dipasarkan mulai bulan Oktober dengan harga 1.599 euro untuk varian Core i5, atau 1.799 euro untuk varian Core i7.

MateBook 14 di sisi lain hadir sebagai alternatif yang mengusung prosesor AMD. Varian termahalnya datang membawa prosesor Ryzen 7 4800H, RAM 16 GB, dan SSD 512 GB, sedangkan varian bawahnya ditenagai oleh prosesor Ryzen 5 4600H. Semuanya tanpa imbuhan kartu grafis terpisah.

Sesuai namanya, MateBook 14 mengemas layar sentuh 14 inci dengan resolusi 2160 x 1440 pixel. Bodinya sedikit lebih tebal (15,9 mm) dan lebih berat (1,49 kg), akan tetapi kapasitas baterainya juga lebih besar (56 Wh), dan sambungannya pun lebih lengkap; ada dua port USB-A dan HDMI 2.0 di samping port USB-C.

Read more

MateBook 14 kabarnya juga akan mulai dijual pada bulan Oktober. Konfigurasi termurahnya dihargai mulai 849 euro, sedangkan yang paling mahal yang menggunakan Ryzen 7 4800H dibanderol 1.049 euro. Sejauh ini belum ada keterangan apakah kedua laptop ini juga bakal masuk ke pasar Indonesia.

Sumber

Share Is Cool