HMD Global Resmi Luncurkan Nokia 8.3 5G, Smartphone 5G Pertama Nokia

JS NEWS –Sesuai jadwal yang dibocorkan sebelumnya, akhirnya HMD Global secara resmi meluncurkan smartphone 5G pertamanya secara live streaming pada 19 Maret 2020 melalui seri Nokia 8.3 5G.

Nokia 8.3 5G bukan merupakan smartphone flagship seperti Nokia 9 PureView, namun hadir sebagai alternatif yang lebih terjangkau dibanding flagship dan fokus pada dukungan jaringan koneksi 5G. Smartphone ini dirancang untuk mendukung beragam penerapan jaringan 5G dengan dukungan kombinasi standalone dan non-standalone 5G yang tengah diluncurkan para operator di seluruh dunia.

Menjadi smartphone pertama yang menggunakan Qualcomm 5G RF Front end module solution, Nokia 8.3 5G menempatkan lebih dari 40 komponen RF yang berbeda dalam satu modul, menjadikannya bukan hanya perangkat kelas dunia namun juga smartphone yang siap untuk 5G tahap lanjut.

“Bukan hanya solusi Qualcomm 5G yang membuat kami dapat menempatkan lebih dari 40 komponen radio frequency (RF) berbeda dalam satu modul, Nokia 8.3 5G juga hadir dengan 5G New Radio band tertinggi mulai dari 600hmz hingga 3.8GHz, artinya perangkat ini dapat digunakan secara global dan siap untuk masa depan,” ujar Juho Sarvikas, Chief Product Officer, HMD Global.

Nokia 8.3 5G unggulkan kamera dengan fitur PureView quad camera serta penggunaan ZEISS optics. Kamera tersebut terdiri dari 64 MP sensor utama, 12 MP sensor dengan ultra-wide, 2 MP depth sensor, dan 2 MP untuk lensa makro. Empat kamera tersebut terpasang dalam frame berbentuk bulat yang terlihat unik dan beda.

Kamera utamanya mampu merekam video hingga resolusi 4K serta dalam format log yang setara dengan format RAW pada foto. Format ini menawarkan banyak pilihan untuk menyunting video dengan kualitas lebih baik.

Sedangkan kamera depan menggunakan desain punch hole yang berada di pojok kiri atas layar. Resolusi yang dimilikinya yaitu 24 MP dengan lensa Zeiss oprics yang mampu merekam video hingga resolusi full HD (1080p).

Nokia 8.3 5G memiliki layar berukuran 6,81 inci dengan teknologi PureDisplay dan resolusi Full HD+ atau 1080 x 2400 pixels serta rasio aspek 20:9. Ini membuat ukurannya lebih panjang dibanding ukuran standar.

Chipset (SoC) yang digunakan yaitu Snapdragon 765G dengan pilihan RAM 6 GB dan 8 GB serta pilihan storage 64 GB dan 128 GB. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 4500 mAh. Sedangkan fitur lainnya berupa konektor USB type-C, tombol Power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, serta hadir dalam satu warna yaitu biru atau disebut Polar Night, yang mengambil inspirasi langsung dari langit arctic.

Sistem operasi yang digunakan yaitu Android 10 Pie dengan antarmuka Android One. Ini artinya Nokia 8.3 5G bakal mendapatkan update ke Android 11 lebih dulu. Selain itu secara rutin juga akan mendapatkan pembaruan keamanan secara berkala selama tiga tahun.

Pada tahap pertama, Nokia 8.3 5G akan tersedia secara global pada musim panas 2020, sedangkan untuk Indonesia belum ada pengumuman resmi meski dipastikan bakal hadir di tanah air.

Saat peluncuran tersebut diumumkan bahwa Nokia 8.3 5G dengan RAM 6 GB dan storage 64 GB dibanderol dengan harga US$650 sedangkan kapasitas RAM 8 GB dan storage 128 GB dibanderol dengan harga US$695.

SUMBER

Share Is Cool