Harga Lelang Komputer Apple-1 Capai Rp 4,2 Miliar?

JS NEWS – Komputer Apple-1 yang langka dan berfungsi penuh diperkirakan akan meraup lebih dari US$ 300.000 (Rp 4,2 miliar) ketika terjual pada acara lelang di Boston pekan ini.

Apple-1 adalah produk pertama yang dikembangkan dengan nama Apple oleh pendiri perusahaan Steve Jobs dan Steve Wozniak dan diluncurkan pada tahun 1976.

Bersamaan dengan produk perintis itu, pelelangan juga akan melihat penjualan koleksi seumur hidup insinyur desain produk Apple Jerry Manock.

Koleksi ini menampilkan Macintosh PowerBook  yang ditandatangani oleh Steve Jobs, logo Apple neon dan arloji ‘think different’ dari kampanye iklan terkenal merek tersebut.

“Apple-1 bukan hanya keajaiban kecanggihan komputasi awal, tetapi produk yang meluncurkan apa yang saat ini merupakan salah satu perusahaan paling berharga dan sukses di dunia,” kata Wakil Presiden Eksekutif RR Auction Bobby Livingston, sebagaimana dikutip Daily Mail, 6 Maret 2020.

Jauh berbeda dari penawaran modern Apple, Apple-1 awalnya disusun sebagai kit untuk dijual kepada penggemar elektronik dan anggota yang disebut Palo Alto Homebrew Computer Club.

Baca Juga

Namun, mesin itu menjadi salah satu komputer pertama yang tidak perlu disolder oleh pengguna akhir ketika Paul Terrell – pemilik toko komputer pribadi ‘The Byte Shop’ di Mountain View, California – yang setuju untuk membeli 50 unit rakitan lengkap untuk dijual.

Secara total, sekitar 200 mesin Apple-1 diproduksi, di mana Jobs dan Wozniak menjual total 175.

Mesin khusus ini diakuisisi oleh SoftWarehouse, toko komputer Michigan barat pada 1980-an, sebagai bagian dari perdagangan untuk mesin IBM yang lebih baru, dan kemudian ditampilkan di toko dalam etalase khusus sebelum akhirnya berakhir di penyimpanan.

Unit ini dipulihkan tahun lalu oleh ahli Apple-1 Corey Cohen dan dipamerkan di 2019 Vintage Computer Festival West di California.

Mesin ini berfungsi penuh dan dapat dioperasikan selama delapan jam tanpa kesalahan.

Lot itu sedang dijual bersama dengan Apple-1 Cassette Interface 1976, yang memungkinkan komputer untuk menyimpan data ke kaset audio standar dan memuat kembali ke memori pada titik berikutnya.

Antarmukanya revolusioner pada masanya, hanya mengandalkan enam sirkuit terintegrasi, bukan 50-100 yang biasa, namun berjalan sekitar empat kali lebih cepat.

Apple-1 membuka jalan bagi pengembangan Apple II yang lebih maju pada awal 1977, yang datang dengan rumah plastik dan keyboard terintegrasi.

Penjualan Apple II dan aksesori serta perangkat lunaknya membuat pendapatan tahunan Apple Computer naik dari $ 774.000 menjadi $ 118 juta hanya dalam waktu tiga tahun. Lelang yang disebut ‘pelelangan Steve Job’ ini akan berlangsung 5-12 Maret.

SUMBER

Share Is Cool